News  

Kepala Negara yang Hadir di KTT ASEAN Labuan Bajo Dapat Souvenir Sepeda Bambu

Sepeda bambu tipe Minivelo untuk para kepala negara KTT ASEAN

Rabu, 10 Mei 2023 – 14:41 WIB

VIVA Nasional – Yayasan Bambu Lingkungan Lestari (YBLL) Ikut menyemarakkan gelaran ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan menampilkan produk inovatif berbasis bambu yang ramah lingkungan, seperti sepeda bambu.

Produk inovatif dan beberapa rangkaian acara dikemas dalam gelaran bertajuk Rumpun Bambu at ASEAN SUMMIT 2023, terdiri dari Pameran Rumpun, Gowes Fajar & Senja, serta peletakan batu pertama pembangunan Kampus Bambu Komodo.

“Rumpun Bambu at ASEAN SUMMIT 2023 bertujuan mengkampanyekan Green Economy, Green Mobility, dan Green Energy. Ini juga bagian dari kampanye jangka panjang kita, ASEAN BAMBOO BIKE DIPLOMACY (2023-2028), untuk mengajak 1 juta pemuda-pemudi ASEAN untuk beralih menggunakan alat transportasi yang ramah lingkungan, seperti sepeda bambu,” kata Ketua YBLL, Monica Tanuhandaru ditemui di Waterfront Marina Labuan Bajo, Rabu, 10 Mei 2023.

YBLL, sebutnya mendatangkan 30 sepeda bambu dari Jakarta dan Bali untuk digunakan selama berlangsungnya kegiatan tersebut. Termasuk 10 sepeda Spedagi Roda Cilik 02 yang secara khusus didesain kreator sepeda bambu Spedagi Singgih S Kartono untuk perhelatan ASEAN SUMMIT 2023. 

Sepeda bambu Spedagi Rodacilik 02 dibuat di workshop Spedagi di Temanggung, Jawa Tengah. Sedangkan bahan bakunya diambil dari bambu berkualitas tinggi yang dipanen di 7 kabupaten di Flores.

Rencananya, 10 sepeda tipe minivelo itu akan diserahkan sebagai kenang-kenangan untuk para kepala negara yang hadir.  “20 sepeda sisanya terdiri dari berbagai tipe, seperti Spedagi GoRo, Spedagi Dalanrata dan Spedagi Gowesmulyo digunakan untuk acara gowes dan display pameran,” kata Monika.

Sepeda bambu dipamerkan di KTT ASEAN, Labuan Bajo, NTT

Sepeda bambu dipamerkan di KTT ASEAN, Labuan Bajo, NTT

Halaman Selanjutnya

Sumber Energi Terbarukan

img_title

Sumber: www.viva.co.id