News  

Kepala RS Salak Pastikan Tidak Ada Korban dalam Insiden Kebakaran

Kebakaran Rumah Sakit Salak Bogor, Jawa Barat

Jumat, 7 April 2023 – 22:37 WIB

VIVA Nasional – Kepala Rumah Sakit (Karumkit) TK III Salak, Bogor Denkesyah Bogor, Letkol Ckm (K) dr. Nanik Prasetyoningsih, Sp.Pk.,M.H.,M.A.R.S memastikan tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam insiden kebakaran hebat yang terjadi tadi siang, Jumat 7 April 2023. Kebakaran menghanguskan sebagian besar bagian depan yang merupakan bangunan cagar budaya.

“Untuk kondisi di Ma Denkes (Markas Detasemen Kesehatan) Bogor yang merupakan salah satu cagar budaya di wilayah Bogor di mana itu merupakan bangunan yang memang akan dilakukan renovasi, karena bangunan sudah lama. Tidak merubah bentuknya,” kata dr Nanik di lokasi.

Lanjutnya menjelaskan, adapun rumah sakit dengan Denkes bersebelahan sehingga ada bagian staf salah satu ruang farmasi yang terdampak. Namun tidak ada ruang perawatan, tidak ada pasien yang di rawat.

Rumah Sakit Salak, Bogor, kebakaran

Rumah Sakit Salak, Bogor, kebakaran

“Tidak ada yang dirawat di situ, dan pada saat ini pasien aman korban jiwa nihil. Sehingga semua aspek pelayanan rumah sakit dapat terlaksana dengan baik. IGD aman, kemudian ruang perawatan anak, bayi, orang tua, ruang operasi aman. Karena berberbeda sisi dengan Denkes,” jelasnya.

Hasil penelusuran, kata dokter Nanik, api berasal dari titik yang sedang kita tindak lanjuti dari bagunan yang lama yang ada di MaDenkes. Di mana stukturnya bangunan sudah tua, dan aliran-aliran listriknya sedang dicek. Semeentara untuk lokasi kebakaran sendiri adalah ruang Medical Check Up dan Apotek. Dan kebutuhan obat-obatan akan dibantu oleh Dinas Kesehatan Kota Bogor.
 
“(Farmasi obat-obatan bagaimana?) Obat-obatan kami berterimakasih kepada bapak walikota akan dibantu oleh dinas kesehatan karena satu yang terdampak adalah hanya ruang farmasi rumah sakit salak.  Namun untuk ruang perawatan aman karena berbeda lokasi, dan untuk ruangan pelayanan juga aman, untuk kamar operasi pun aman, untuk IGD pun aman karena beda tempat.

Jadi hari ini hari libur tidak ada petugas yang berdinas kecuali di ruang farmasi sekitar 3, 4 orang tetapi aman,” katanya.

Halaman Selanjutnya

Dokter Nanik memastikan, pasien tidak terdampak kebakaran. “Pasien aman tidak ada yang terdampak, petugas aman tidak ada yang terdampak, obat-obatan masih ada, namun kami akan dibantu oleh walikota melalui Kadinkes. Dan kedepan pembangunannya akan di bantu oleh bapak walikota karena Kadenkes Bogor merupakan salah satu cagar budaya. Adapun rumah sakit bersebelahan. Terimakasih atas kerjasamanya. Demian terima kasih,” katanya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id