News  

Kerusuhan Dogiyai Papua Tengah, 102 Bangunan dan 32 Kendaraan Dibakar

Salah satu kantor pemerintahan yang dibakar massa di Dogiyai, Papua Tengah.

Rabu, 16 November 2022 – 21:27 WIB

VIVA Nasional – Kerusuhan kembali terjadi di Dogiyai, Papua Tengah yang mengakibatkan 102 unit bangunan seperti rumah, kios, ruko hingga bangunan pemerintahan ludes terbakar. Selain itu, massa juga melakukan pembakaran terhadap 32 kendaraan mulai dari motor hingga truk.

Dirkrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani mengatakan, dampak dari aksi kerusuhan itu mengakibatkan kerugian materil seperti 27 unit rumah tinggal, 51 kios, 9 rumah kos-kosan, 9 unit ruko dan 6 unit bangunan pemerintahan ludes dilalap api.

“Massa memberontak membakar puluhan bangunan kemudian membakar sejumlah kendaraan seperti 20 sepeda motor, 11 unit truk dan 1 unit Ekskavator,” ujar Kombes Faizal dalam keterangan yang diterima, Rabu 16 November 2022.

Warga sipil tewas dalam kerusuhan Dogiyai Papua

Warga sipil tewas dalam kerusuhan Dogiyai Papua

Faizal merinci dari total bangunan yang ludes dibakar terdapat enam kantor pemerintahan juga turut dibakar seperti kantor Pemda Dogiyai, Kantor Dukcapil, Kantor Dinas BPMK, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Inspektorat dan Kantor Dinas BKD.

“Mereka juga turut membakar satu persatu bangunan pemeritahan itu bersamaan dengan bangunan lainnya saat mereka sedang rusuh,” katanya.

Kombes Faizal mengaku saat ini pihaknya tengah berusaha melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat, para tokoh masyarakat dan tokoh agama terkait pemulihan situasi kamtibmas. Selain itu, pihak kepolisian juga tengah melakukan pemulihan situasi dengan mengambil langkah-langkah untuk penguatan sistem pengamanan kota.

Sumber: www.viva.co.id