News  

KPK Batal Undang AKBP Achiruddin buat Klarifikasi Harta Kekayaan

AKBP Achiruddin Hasibuan, MantKabag Binops Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut

Kamis, 11 Mei 2023 – 20:23 WIB

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) batal mengundang tersangka penganiayaan Ken Admiral, yaitu AKBP Achiruddin Hasibuan untuk memberikan klarifikasi harta kekayaannya.

Juru Bicara Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ipi Maryati Kuding mengatakan pihak KPK telah berkoordinasi dengan Irwasum Polri, Komjen Pol Ahmad Dofiri dan Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak. 

“Disepakati untuk dikoordinasikan bersama Irwasum Polri dan Polda Sumut. Karena berdasarkan koordinasi dengan Kapolda Sumut, telah ditemukan bukti penerimaan gratifikasi terkait dugaan tindak pidana korupsinya. Sehingga, tidak diperlukan pemeriksaan terpisah oleh KPK atas LHKPN yang bersangkutan,” kata Ipi dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 11 Mei 2023.

AKBP Achiruddin Hasibuan menjalani sidang etik di Propam Polda Sumut

AKBP Achiruddin Hasibuan menjalani sidang etik di Propam Polda Sumut

Ipi menambahkan, KPK berharap agar seluruh anggota Polri dapat mematuhi LHKPN. Menurut Ipi, ada sekitar 700 wajib lapor di lingkungan Polri yang belum menyerahkan LHKPN.

“Dalam pertemuan kami dengan Irwasum Polri dibahas antara lain terkait kepatuhan LHKPN di lingkungan Polri. Irwasum akan memimpin dan mengkoordinasikan penyampaian LHKPN dari sekitar 700 wajib lapor di lingkungan Polri yang belum menyerahkan LHKPN dan disepakati dalam waktu 1 bulan akan selesai,” tutur Ipi.

KPK sebelumnya berencana mengundang AKBP Achiruddin Hasibuan untuk mengklarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). KPK pun mengaku masih mengumpulkan sejumlah data dan juga informasi.

Halaman Selanjutnya

“Sedang kumpulin data dan informasi keuangan, properti, kendaraan dll,” ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan saat dikonfirmasi wartawan, Selasa 2 Mei 2023.

img_title

Sumber: www.viva.co.id