Indeks
News  

KPK Bilang Ada ‘Geng’ di Kemenkeu yang Miliki Harta Kekayaan Tak Wajar

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan

Kamis, 2 Maret 2023 – 06:00 WIB

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) tak hanya menelusuri harta kekayaan yang dimiliki oleh Mantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan II, Rafael Alun Trisambodo. KPK juga berencana akan telusuri ‘geng’ Rafael Alun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang juga diduga memiliki harta tak wajar.

“Yang terakhir, mungkin nextnya kayak apa? Kami pastikan sesudah yang bersangkutan (Rafael) pasti ada lagi orang-orang lain, yang kami kan denger juga ada gengnya,” ujar Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan di KPK, Rabu 1 Maret 2023.

Kata Pahala, usai klarifikasi yang dilakukan kepada Rafael Alun. Penyidik mendapatkan pola dugaan kepemilikan harta yang tak wajar. 

“Sekali lagi, ini bukan sederhana ya, sulit sih pasti. Bukan sederhana dalam arti, ini kan orang keuangan, tahu banget gimana cara ke sana ke mari. Jadi kami ingin polanya dulu dapat, nanti baru ke yang lain,” kata Rafael. 

Sementara itu, pada klarifikasi ke Rafael, KPK menegaskan yang mereka pastikan bukan hanya soal kebenaran harta kekayaannya yang mencapai Rp 56,1 miliar. Namun bakal menelusuri asal muasalnya. 

“Jadi target kami bukan hanya sekadar mengklarifikasi, ini hartanya bener apa enggak, tapi asalnya dari mana.Kalau asalnya bisa dipertanggungjawabkan,” tegas Pahala.

Halaman Selanjutnya

Berdasarkan LHKPN KPK, diketahui Rafael Alun Trisambodo memiliki harta kekayaan yang jauh lebih besar dari atasannya, yakni Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Suryo Utomo yang hanya memiliki total kekayaan Rp 14,4 miliar.

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version