News  

KPK Cegah Istri, Adik dan 2 Anak Rafael Alun Trisambodo

Rafael Alun Trisambodo Pakai Rompi Tahanan KPK Usai Diperiksa KPK

Jumat, 14 April 2023 – 17:19 WIB

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mencegah bepergian ke luar negeri terhadap 5 orang, terkait dengan kasus gratifikasi yang menyeret tersangka mantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan II, Rafael Alun Trisambodo. 

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, mengatakan bahwa sejauh ini ada 5 orang yang dicekal pergi keluar negeri, yang diduga ada keterlibatannya dengan kasus gratifikasi Rafael Alun.

“Saat ini KPK telah mengajukan tindakan cegah agar tidak melakukan perjalanan ke luar negeri terhadap 5 orang yang diduga memiliki keterkaitan dengan proses penyidikan perkara Tersangka RAT,” kata Ali Fikri kepada wartawan, Jumat 14 April 2023.

Mereka yang di cegah yakni Ernie Meike Torondek yang merupakan istri Rafael. Kemudian Gangsar Sulaksono selaku adik Rafael, dan 2 orang anak Rafael Alun bernama Angelina Embun Prasasya dan Christofer Dhyaksa Darma.

Selain keluarga Rafael Alun, KPK juga mencegah Kepala Kantor Pajak Madya Jakarta Timur Wahono Saputro. Sehingga total KPK meencegah 5 orang dalam kasus tersebut.

Ali Fikri pun menjelaskan bahwa upaya pecekalan terhadap 5 orang dilakukan dengan berkoordinasi bersama Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI. Pencekalan ini pun dilakukan selama 6 bulan kepada 5 orang tersebut.

“Pengajuan cegah dimaksud melalui Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI dan saat ini berlaku untuk 6 bulan kedepan sampai dengan September 2023 dan sesuai kebutuhan Tim Penyidik dapat diajukan perpanjangan yang kedua,” kata dia. Kelima orang itu pun diharapkan bersikap kooperatif pada saat pemeriksaan kasus Gratifikasi.

Halaman Selanjutnya

“Para pihak yang dicegah diharapkan kooperatif hadir dan jujur menyampaikan seluruh hal yang diketahuinya terkait dugaan perbuatan penerimaan gratifikasi dari Tersangka RAT,” ucapnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id