News  

KPK Duga Korupsi Lukas Enembe Sampai Rp 1 Triliun

Gubernur Papua Lukas Enembe berbaju tahanan

Selasa, 17 Januari 2023 – 23:05 WIB

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga korupsi yang dilakukan Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe mencapai Rp 1 triliun. Lembaga antirasuah bakal mendalami aliran uang tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek-proyek di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua tersebut.

“Korupsi LE ini menyangkut jumlah uang yang tidak sedikit, ratusan, mungkin bisa jadi sampai 1 T (Rp 1 triliun), tentu kami akan dalami aliran uang-uang itu,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 17 Januari 2023.

KPK, menurut Alex, sudah berkoordinasi dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua untuk menelusurinya.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

“Kan semua uang Pemprov mengalir lewat BPD Papua, penarikan-penarikan tunai, siapa saja vendor yang selama ini mengerjakan proyek di Papua, tentu akan didalami. Jadi tidak berhenti di kasus suap dan gratifikasi,” kata mantan Hakim Pengadilan Tipikor tersebut.

Lukas menjadi tersangka karena diduga menerima suap Rp 1 miliar dari Direktur PT Tabi Bangun Papua (TBP) Rijatono Lakka terkait proyek infrastruktur di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua. Rijatono juga sudah ditahan KPK.

Lukas juga disinyalir menerima gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan sebesar Rp 10 miliar. Namun, KPK belum mengungkap pihak-pihak pemberi gratifikasi tersebut.

Halaman Selanjutnya

Dalam proses penyidikan berjalan, KPK telah memeriksa 76 saksi dan melakukan penggeledahan di enam lokasi yang tersebar di Papua, Jakarta, Sukabumi, Bogor, Tangerang dan Batam.

img_title

Sumber: www.viva.co.id