News  

KPK Duga Lukas Enembe Berniat Kabur ke Luar Negeri

Gubernur Papua Lukas Enembe di pesawat usai ditangkap KPK

Selasa, 10 Januari 2023 – 21:14 WIB

VIVA Nasional – Gubernur Papua, Lukas Enembe, diketahui sudah ditangkap oleh penyidik KPK dan sejumlah anggota kepolisian di salah satu restoran di Kota Jayapura, pada Selasa 10 Januari 2023. 

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menduga Lukas Enembe sempat akan kabur ke luar negeri melalui Bandara Sentani sebelum akhirnya ditangkap oleh pihak KPK dan kepolisian.

Mulanya, Firli menjelaskan bahwa pihaknya mendapatkan informasi bahwa Lukas Enembe akan pergi ke Mamit, Tolikara pada hari ini, Selasa 10 Januari 2023.

“Melalui bandara Sentani (bisa jadi cara tersangka akan meninggalkan Indonesia,” kata Firli dalam keterangan tertulisnya yang diterima awak media, Selasa 10 Januari 2023.

Ketua KPK Firli Bahuri di acara Hari Antikorupsi se Dunia di Jakarta tahun 2022

Ketua KPK Firli Bahuri di acara Hari Antikorupsi se Dunia di Jakarta tahun 2022

Menanggapi informasi tersebut, kata Firli, pihaknya kemudian menghubungi Wakil Kepala Polisi Daerah (Wakapolda) Papua, Komandan Satuan Brimob, dan Kepala Badan Intelijen Daerah setempat untuk meminta bantuan sejumlah aparat keamanan untuk menangkap Lukas Enembe di Bandara Sentani. “Karena yang bersangkutan akan keluar Jayapura dan evakuasi ke Jakarta,” ujar dia.

Lebih lanjut, Firli mengatakan sekitar pukul 12.27 WIT atau 10.27 WIB, KPK melakukan upaya paksa terhadap Lukas Enembe. Kemudian, tim penyidik dan aparat penegak hukum menangkap Lukas Enembe di daerah Abepura, Papua.

Halaman Selanjutnya

Selanjutnya, Lukas Enembe dibawa ke Markas Korps (Mako) Brimob Kotaraja Jayapura untuk diamankan, dan menunggu proses dibawa ke Jakarta melalui jalur udara.

img_title

Sumber: www.viva.co.id