News  

KPK Masih Ngotot Pencopotan Brigjen Endar Sebagai Direktur Penyelidikan Sesuai Prosedur

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

Jumat, 7 April 2023 – 10:00 WIB

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menganggap bahwa keputusannya dalam pencopotan Brigadir Jenderal (Brigjen) Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan KPK, sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Kami memastikan bahwa seluruh proses yang telah dilakukan terkait berakhirnya masa tugas Direktur Penyelidikan KPK telah sesuai dengan ketentuan yang saat ini berlaku,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan Korupsi KPK, Ali Fikri kepada wartawan dikutip Jumat, 7 April 2023.

Kemudian, kata Ali, pencopotan Brigjen Endar telah sesuai prosedur dengan mengacu pada Peraturan Kapolri No. 4 Tahun 2017 tentang Penugasan Anggota Polri di Luar Struktur Organisasi Polri.

Pasal 10 ayat (2) mengatur soal pengembalian anggota Polri yang baru bisa dilaksanakan setelah adanya koordinasi pimpinan organisasi pengguna dengan pimpinan Polri.

“Hal tersebut KPK telah lakukan di antaranya melalui penyampaian surat usulan kepada Kapolri terkait pembinaan karier di institusi Polri tertanggal 11 November 2022,” kata Ali.

“Serta surat penghadapan kepada Kapolri tanggal 30 Maret 2023 dan surat pemberhentian dengan hormat pegawai negeri yang ditugaskan pada KPK per tanggal 31 Maret 2023,” lanjutnya.

Halaman Selanjutnya

Sementara itu, Ali mengatakan bahwa pengakhiran masa tugas anggota polri diluar instansi polri itu telah diatur pada pasal 26 yang berisikan salah satunya didasarkan atas pengembalian organisasi pengguna.

img_title

Sumber: www.viva.co.id