News  

KPK Periksa Grace Tahir di Kasus Rafael Alun Trisambodo

Pengusaha yang juga seorang Youtuber Grace Tahir

Kamis, 11 Mei 2023 – 13:19 WIB

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa pebisnis Grace Dewi Riady atau yang dikenal Grace Tahir terkait kasus korupsi yang menjerat Rafael Alun Trisambodo. Anak dari Dato Sri Tahir itu diperiksa sebagai saksi.

“Hari ini, Kamis 11 Mei 2023 pemeriksaan saksi TPK gratifikasi terkait pemeriksaan perpajakan pada Dirjen Pajak Kementrian Keuangan RI, untuk tersangka Rafael Alun Trisambodo atas nama Grace Dewi Riady,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 11 Mei 2023.

Selain Grace Tahir, KPK juga memeriksa tiga orang lainnya yaitu Imam Pamudji, Albertus Katu dan Timothy William T. Keempatnya diperiksa langsung di Gedung Merah Putih KPK.

“Pemeriksaan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, Jl. Kuningan Persada Kavling 4 Jakarta Selatan. Imam Pamudji (pensiunan), Albertus Katu (swasta) dan Timothy William T (swasta),” katanya.

Mantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan II, Rafael Alun Trisambodo secara resmi telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Rafael Alun Trisambodo Pakai Rompi Tahanan KPK Usai Diperiksa KPK

Rafael Alun Trisambodo Pakai Rompi Tahanan KPK Usai Diperiksa KPK

“Kami ingin sampaikan bahwa benar begitu (Rafael Alun tersangka) sebagai tindak lanjut komitmen KPK di dalam menuntaskan setiap kasus baik dalam proses verifikasi telaah dan permintaan keterangan kepada beberapa pihak dan kemudian ditemukan setidaknya dua alat bukti dugaan korupsi,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri di gedung Merah Putih KPK, Kamis, 30 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya

Ali menyebutkan bahwa Rafael Alun ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan penerimaan gratifikasi. “Jadi ada dugaan pidana korupsinya telah kami temukan. Terkait dengan dugaan korupsi penerimaan sesuatu oleh pemeriksa pajak pada Ditjen Pajak Kemenkeu tahun 2011-2023,” ujarnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id