News  

KPK Tetapkan Kadis PUPR Papua Tersangka di Kasus Lukas Enembe

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

Rabu, 3 Mei 2023 – 18:28 WIB

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga telah menetapkan seorang Kepala Dinas (Kadis) PUPR Provinsi Papua sebagai tersangka, lantaran juga ikut menerima suap dan gratifikasi bersama dengan Gubernur Papua nonaktif, Lukas Enembe.

“Dari proses penyidikan perkara tersangka LE, tim penyidik kembali menemukan adanya peran pihak lain yang bersama-sama dengan tersangka LE menerima suap dan gratifikasi dari berbagai proyek pembangunan infrastruktur di Pemprov Papua,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Rabu 3 Mei 2023.

Ali menerangkan, bahwa hingga saat ini KPK masih mengumpulkan sejumlah alat bukti demi memperkuat penetapan tersangka tersebut. Seorang Kadis PUPR Provinsi Papua itu diduga adalah Gerius One Yoman. Ia pun salah satu orang yang dicekal pergi keluar negeri oleh KPK, lantaran diduga terlibat dalam kasus Lukas Enembe.

“Penetapan tersangka baru ini adalah bentuk komitmen KPK untuk membawa seluruh pihak yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum ke persidangan,” ucap Ali.

Sebagai informasi, Gubernur Papua nonaktif, Lukas Enembe ditangkap oleh pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa 10 Januari 2023. Setidaknya ada beberapa kasus yang menjeratnya.

Pertama, KPK resmi menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka suap dan gratifikasi di daerah Papua pada bulan September 2022 lalu. Melalui kuasa hukumnya, Stefanus Roy Rening, Lukas Enembe diduga menerima gratifikasi sebesar Rp 1 Miliar.

“Kami kuasa hukum menerima surat dari KPK, bahwa Pak Gubernur telah ditetapkan tersangka dalam kasus gratifikasi senilai Rp 1 miliar yang dilakukan 2020,” kata Roy kepada wartawan di Mako Brimob Polda Papua.

Halaman Selanjutnya

Kedua, KPK juga tengah mengusut aliran dana Lukas Enembe yang menyewa jet pribadi untuk melakukan pengobatan ke luar negeri. KPK juga mengusut siapa yang membiayai Lukas Enembe.

img_title

Sumber: www.viva.co.id