News  

Lakukan Pungli di Jembatan Timbang, PNS di Bali Diamankan Polisi

Polda Bali gelar konferensi pers penangkapan PNS petugas UPPKB Cekik, Kabupaten Jembrana. 

Kamis, 13 April 2023 – 09:18 WIB

VIVA Nasional – Dua oknum pegawai Kementerian Perhubungan di Bali dicokok tim Saber Polda Bali pada Selasa, 12 April 2023 dini hari. Keduanya terkena operasi tangkap tangan (OTT) ketika tengah mengutip pungutan liar (pungli) di Jembatan Timbang Cekik, Kabupaten Jembrana, Bali.

Dua orang yang ditangkap merupakan pegawai  Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Cekik. Modus yang dilakukan dengan meminta dan menerima pungutan tidak sah kepada sopir yang membawa muatan barang melebihi kapasitas atau over dimensi kendaraan. 

Petugas Jaga UPPKB Cekik yang ditangkap yakni, I Gusti Putu Nurbawa sebagai staf pembantu pemeriksa kendaraan bermotor dan Ida Bagus Ratu Suputra selalu staf Lalu Lintas.

Ketua Satuan Tugas Saber Pungli Bali Kombes Pol Arief Prapto Santoso menjelaskan, dari dua pelaku yang diamankan, satu orang berstatus PNS dan satu pelaku lain merupakan tenaga kontrak.

Polda Bali gelar konferensi pers penangkapan petugas UPPKB

Polda Bali gelar konferensi pers penangkapan petugas UPPKB

“Jadi para pelanggar yang dimintai uang pungutan ini, merek melanggar tonase, berarti  beratnya lebih. Dari hasil pemeriksaan itu, bisa dipetik sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu,” kata Arief di Polda Bali, Rabu (12/4/2023).

Dalam pengungkapan itu, kata Arief, petugas melakukan penyamaran sebagai kernet yang menumpang sebuah truk Hino. Karena kernet nantinya akan berhadapan langsung dengan para pengutip pungutan liar tersebut .

Halaman Selanjutnya

Dijelaskan, modus penggiringan dilakukan sejak kendaraan melintasi jembatan timbang. Kemudian petugas meminta kartu uji KIR. Selanjutnya, kendaraan diarahkan untuk parkir di areal UPPKB Cekik Gilimanuk.

img_title

Sumber: www.viva.co.id