News  

Lonjakan Kendaraan Arus Balik, Penerapan One Way Akan Diperpanjang

Arus Balik Dari Tol Banyumanik hingga Ungaran

Senin, 24 April 2023 – 22:21 WIB

VIVA Nasional – Lonjakan kendaraan saat arus balik Lebaran pada Senin hari ini membuat Polri akan membuka opsi rekayasa one way diperpanjang. Hari ini diprediksi jadi salah satu momen puncak arus balik.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaed menyampaikan, pada arus balik Lebaran 24 April 2023, terjadi peningkatan arus lalu lintas. 

Eddy menjelaskan, pada Gerbang Tol (GT) Banyumanik, rata-rata volume lalu lintas selama tiga jam berturut turut mencapai 3.455 kendaraan per jam. Dan dari GT Tol Kalikangkung, rata-rata volume lalu lintas selama tiga jam berturut turut mencapai 2.440 kendaraan per jam.

Penampakan Penumpukan Kendaraan Arus Balik Lebaran di GT Banyumanik Semarang

Penampakan Penumpukan Kendaraan Arus Balik Lebaran di GT Banyumanik Semarang

Pun, berdasarkan dari traffic counting di kilometer (km) 190 B Palikanci, rata-rata volume lalu lintas selama tiga jam berturut turut mencapai 3.752 kendaraan per jam.

“Berdasarkan pemantauan melalui CCTV dan pantauan anggota di lapangan masih terdapat peningkatan arus lalin yang cukup merata dari arah Semarang dan Solo menuju ke arah Barat,” kata Eddy dalam keterangannya Senin, 24 April 2023.

Kemudian, arus kendaraan dari Gerbang Tol Cikatama, Kalihurip dan Kalitama, rata-rata volume lalu lintas  selama tiga jam berturut turut mencapai 7.511 kendaraan per jam. Sedangkan masuk ke dalam parameter contra flow Japek sebesar 6.440 kendaraan per jam untuk ketiga gerbang tol tersebut.

Halaman Selanjutnya

Sementara, dari km 73 B Cipularang, rata-rata volume lalu lintas selama tiga jam berturut turut mencapai 3.128 kendaraan per jam. Dan di km 100 B Cipularang, rata-rata volume lalu lintas selama tiga jam berturut turut mencapai 2.391 kendaraan per jam.

img_title

Sumber: www.viva.co.id