Indeks
News  

Malas Beraktivitas, Ini 6 Tips Agar Tetap Produktif di Bulan Ramadan

Ilustrasi beraktivitas di bulan puasa

Jumat, 7 April 2023 – 11:25 WIB

VIVA – Saat ini umat muslim di seluruh dunia tengah menjalani puasa Ramadan. Puasa Ramadan mewajibkan umat muslim untuk tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam lamanya.

Tidak dipungkiri bahwa mereka yang berpuasa selain merasakan lapar dan haus juga mengakibatkan tubuh cenderung kurang stamina. Tubuh pun menjadi lesu sehingga malas beraktivitas.

Lantas, bagaimana cara untuk menjaga kondisi fisik dan mood agar bisa tetap beraktivitas dan produktif selama berpuasa? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.
1. Lakukan Seluruh Pekerjaan Setelah Sahur
Setelah sahur, tubuh akan merasa berenergi. Gunakanlah waktu ini untuk melakukan pekerjaan yang paling banyak menguras tenaga dan paling penting di hari itu.

Selain itu, sejumlah studi juga menunjukkan orang-orang mampu berkonsentrasi lebih baik di pagi hari. Sehingga, kamu bisa menyelesaikan berbagai tugas dengan hasil yang lebih baik.

2. Buat To-Do-List
Mungkin kamu memiliki jadwal yang sangat padat sehingga tidak bisa mengerjakan seluruh aktivitas yang seharusnya dilakukan. Apalagi saat berpuasa, kamu mungkin terlalu capek dan lapar untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Untuk itu, buatlah daftar pekerjaan yang harus dilakukan, mulai dari yang paling prioritas hingga yang tidak mendesak. Dengan begitu, kamu bisa tetap beraktivitas dengan efisien dan produktif meski sedang berpuasa.

3. Buat Target Selama Ramadan
Memasang target yang ingin dicapai bisa memotivasi kamu untuk tetap aktif dan produktif selama berpuasa. Misalnya kamu ingin mengkhatamkan Al-Qur’an selama Ramadan, atau memanfaatkan momen puasa untuk membentuk tubuh yang ideal.

Halaman Selanjutnya

Agar target-target itu bisa tercapai, kamu bisa memecahnya menjadi target yang lebih kecil. Contohnya membaca 1 juz setiap malam agar bisa mengkhatamkan Al-Qur’an selama Ramadan, dan lain sebagainya. Target-target tersebut bisa membuat kamu terus bersemangat menjalani hari-hari selama berpuasa.

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version