News  

Masyarakat di Tuban Diberi Pelatihan Budi Daya Ikan Tawar, Ini Harapannya

Pelatihan usaha pembudidayaan ikan air tawar kepada masyarakat Tuban

Sabtu, 13 Mei 2023 – 08:20 WIB

VIVA Nasional – Sukarelawan yang tergabung dalam Kiai Muda Jawa Timur Dukung Ganjar berkomitmen terus memberdayakan masyarakat di sekitar, dengan menggelar beberapa pelatihan dan keterampilan.

Kali ini, sukarelawan tersebut menghelat pelatihan usaha pembudidayaan ikan air tawar kepada masyarakat di peternakan lele Parikesit Farm, Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada Jumat, 12 Mei 2023.

Koordinator Wilayah Kiai Muda Jawa Timur Ali Baidlowi mengatakan, pihaknya tim riset dari akademisi di salah satu universitas di Malang untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan usaha pembudidayaan ikan air tawar, seperti lele dan udang, kepada warga Tuban.

“Kami mengadakan training budi daya ikan air tawar di Tuban. Di sini masyarakat banyak membudidayakan ikan air tawar. Kami juga menggandeng tim riset dari Universitas Brawijaya Malang untuk memberikan kiat-kiat sukses membudidayakan ikan air tawar. Tidak hanya lele, tetapi juga udang,” ungkap setelah pelatihan tersebut.

Menurut pria yang akrab disapa Gus Ali tersebut, pihaknya menggelar pelatihan ini untuk membangkitkan ekonomi masyarakat Tuban.

“Untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Tuban agar bisa membuka usaha ternak ikan air tawar seperti lele seperti ini,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Selain itu, Gus Ali mengatakan budi daya ikan air tawar ini juga bisa menjadi pekerjaan alternatif atau sampingan bagi para warga di Kabupaten Tuban karena cukup menguntungkan. Dalam kesempatan itu, pihaknya memberikan sekitar 10 ribu benih lele yang nantinya bisa memberikan keuntungan sekitar Rp 3 juta hingga Rp 4 juta dalam masa panen nanti.

img_title

Sumber: www.viva.co.id