News  

Mudik Lebaran, Kapolri Wanti-wanti Anggotanya Jangan Sampai Stuck

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau arus mudik di Stasiun Senen

Kamis, 20 April 2023 – 01:26 WIB

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mewanti-wanti jajarannya untuk terus mengatur arus lalu lintas mudik jelang dan pasca Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023. Walaupun kendaraan padat, ia ingin arus lalu lintas tetap berjalan dengan lancar.

Sigit menjelaskan ada dua hal yang menjadi prioritas saat puncak arus mudik. Pertama, mengatur arus lalu lintas dengan skema rekayasa yang sudah disiapkan untuk kendaraan khususnya moda darat. 

“Kendaraan yang bergerak dari arah barat ke timur, mulai dari Karawang, Cikampek, sampai dengan Kalikangkung ini tentunya menjadi prioritas kita. Memang rekayasa yang dilaksanakan dari mulai awalnya normal, contraflow, mulai tadi malam sampai malam nanti pukul 24.00 WIB, kita terus laksanakan sistem one way,” kata Sigit di Jakarta Pusat pada Rabu, 19 April 2023.

Menurut dia, sistem one way akan dievaluasi untuk memutuskan apakah tetap diteruskan atau beralih ke contra flow. Makanya, ia berharap anggotanya dapat mengatur arus dengan skema rekayasa yang ditentukan, sehingga tidak ada lalu lintas yang terhambat.

Kapolri Jenderal Sigit Sulistyo di Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023

Kapolri Jenderal Sigit Sulistyo di Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023

“Mudah-mudahan, ini semua bisa kita kelola dengan baik. Walaupun padat, namun jangan sampai ada lalu lintas yang stuck,” ujarnya.

Prioritas kedua, kata dia, kondisi kesehatan pemudik. Kata Sigit, pihaknya akan berjaga di titik tertentu untuk mengingatkan pemudik akan potensi kelelahan yang muncul saat berkendara.

Halaman Selanjutnya

“Masyarakat yang sudah mengendarai kendaraan lebih dari 4 jam, itu potensi kelelahan pasti muncul. Sehingga, apabila dipaksakan akan terjadi potensi kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id