News  

Nelayan Pesisir Pangandaran Dapat Bantuan BBM Dari Relawan Ganjar

Bantuan Bahan Bakar untuk nelayan dari Komunitas Nelayan pesisir

Kamis, 26 Januari 2023 – 02:00 WIB

VIVA Nasional – Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Barat kembali bersilaturahmi mengunjungi kelompok-kelompok nelayan kecil di Tanah Sunda. Komunitas nelayan pendukung sosok Ganjar Pranowo ini hadir di pesisir Pangandaran tepatnya di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

Komunitas ini mendistribusikan bantuan bahan bakar untuk ratusan nelayan kecil di sana. Bantuan ini diharapkan bisa membantu nelayan yang tengah menghadapi musim paceklik karena cuaca buruk. Banyak nelayan dilaporkan tidak bisa melaut beberapa pekan terakhir, sehingga tidak mendapat penghasilan yang cukup untuk kembali membeli bahan bakar. 

“Kita melihat dari nelayan sendiri, karena memang kebutuhan para nelayan yang paling mendasar adalah bahan bakar. Selain langka, juga karena nelayan sekarang sedang agak susah melaut,” ujar Koordinator Daerah Komunitas Nelayan wilayah Pangandaran, Hartoyo dalam keterangan yang diterima Rabu, 25 Januari 2023

Ilustrasi - kapal nelayan di pelabuhan Idi Aceh Timur.

Ilustrasi – kapal nelayan di pelabuhan Idi Aceh Timur.

Selain bahan bakar, komunitas ini juga menyerahkan bantuan paket sembako untuk para nelayan. Hartoyo menyebut, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan kecil di pesisir Pangandaran. Apa yang dilakukan komunitas ini terinspirasi dari sosok Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Ini terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo, yang memang beliau sangat peduli nelayan-nelayan di pesisir dan masyarakat-masyarakat kecil di Jawa Tengah,” ucapnya. 

Komunitas ini juga berkomitmen untuk terus bersilaturahmi ke kelompok-kelompok nelayan lainnya di Jawa Barat. “Kita akan terus hadir untuk membantu nelayan kecil di pesisir-pesisir lain,” pungkas Hartoyo. 

Halaman Selanjutnya

Sementara itu, Ketua Rukun Nelayan Desa Babakan, Nur Saepudin mengaku pihaknya sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan relawan Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Barat. Lewat bantuan dari komunitas tersebut, Saepudin menyebut rekan-rekan nelayannya bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu lagi membeli sembako dan bahan bakar untuk beberapa waktu ke depan. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id