News  

One Way Arus Balik di Tol Kalikangkung

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi

Minggu, 23 April 2023 – 23:56 WIB

VIVA Nasional – Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan bahwa arus balik mudik lebaran tahun 2023 telah disiapkan mulai besok, Senin 24 April 2023. Dalam hal itu, upaya rekayasa sistem satu arah atau one way masih menjadi pilihan untuk melakukan pengamanan lalu lintas dari kemacetan.

“Kami akan melanjutkan rekayasa one way mulai besok dari Kalikangkung KM 414 sampai gate tol Cikampek Utama dan akan dilanjutkan contraflow dari KM 70 sampai KM 47 menggunakan 3 lajur,” ujar Irjen Firman kepada wartawan, Minggu 23 April 2023.

Razia Kendaraan Hendak Mudik di Tol Jakarta-Cikampek

Razia Kendaraan Hendak Mudik di Tol Jakarta-Cikampek

Photo :

  • ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Kemudian, ia juga menjelaskan bahwa jika terjadi kepadatan kendaraan dari arah Timur menuju Barat maka rekayasa lalu lintas contraflow akan dilanjutkan sampai KM 36. 

“Kemudian dilanjutkan sampai KM 21, dengan catatan KM 70 sampai KM 66 dua lajur, kemudian sampai KM 48 tiga lajur, contraflow KM 48 – KM 36 dua lajur dan apabila saat padat, dilanjutkan KM 36 sampai KM 21 tol Cikampek,” kata dia.

Selanjutnya, Firman menjelaskan saat ini juga ada jalan tol yang akan difungsionalkan pada saat arus balik mudik. Pertama untuk masyarakat yang akan ke Bandung, Sumedang dan sekitarnya akan dikawal melewati Cisumdawu, dan ini sudah disiapkan hanya sampai dengan pukul 16.00.

“Kemudian ada pengalihan di tol Cipularang melalui Japek 2 Sadang, untuk menghindari pertemuan dari Cipularang dan Cipali yang akan masuk tol Cikampek,” jelas Firman.

Halaman Selanjutnya

Firman juga menambahkan bakal ada tambahan, yakni pemberlakuan ganjil-genap. “Kami akan sosialisasikan penerapan ini dan mengimbau kepada masyarakat agar melakukan perjalanan pada puncak arus mudik tanggal 24-25 April untuk jalan sesuai dengan plat kendaraannya,” jelas Firman.

img_title

Sumber: www.viva.co.id