News  

One Way Diberlakukan, Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ Arah Tol Trans Jawa Ramai

Gerbang Tol Utama Cikampek saat Mudik Lebaran 2022

Selasa, 18 April 2023 – 19:56 WIB

VIVA Nasional – Rekayasa lalu lintas one way telah diberlakukan dari KM 72 Cikampek (Jalan Tol Cipali) sampai KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang, sejak Selasa, 18 April 2023 sore ini.

Pemberlakuan ini diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya (arah barat) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan menuju arah barat Jalan Tol Trans Jawa, dari Semarang sampai Cikampek.

“Dengan diberlakukannya one way dari KM 72 Cikampek, pengguna jalan dari arah Cikampek yang menuju Jakarta masih bisa mengakses GT Cikampek Utama untuk menuju arah Jakarta,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Lisye Octaviana kepada wartawan, Selasa, 18 April 2023.

 Ilustrasi - Sejumlah kendaraan melintasi ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated.

Ilustrasi – Sejumlah kendaraan melintasi ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated.

Photo :

  • ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

Dia menambahkan, hingga saat ini, jalan Tol Jakarta-Cikampek maupun jalan layang MBZ yang menuju arah timur/jalan Tol Trans Jawa masih terpantau ramai lancar. Untuk pengguna jalan yang melalui one way, polisi mengimbau agar memastikan kondisi kendaraan dan pengemudi dalam kondisi prima.

“Dilarang berhenti di bahu jalan kecuali dalam kondisi darurat, dilarang untuk pindah jalur, dilarang pindah lajur secara tiba-tiba, selalu mematuhi batas kecepatan, patuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan, pengunaan jalur one way hanya untuk tujuan ke Semarang, pengguna jalur one way dapat menggunakan rest area pada jalur kanan (arah sebaliknya), serta pastikan kecukupan saldo e-toll, BBM dan perbekalan,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, saat ini GT Cikampek Utama beroperasi optimal dengan 20 gardu tol operasi serta penyiagaan 14 unit mobile reader untuk melayani transaksi ke arah timur (Trans Jawa). Hal ini disiapkan untuk mengantisipasi jam favorit pengguna jalan untuk melakukan perjalanan mudik, yaitu setelah berbuka puasa, yang berpotensi menimbulkan kepadatan. 

Halaman Selanjutnya

Sebelumnya diberitakan, sejumlah pemudik yang melakukan mudik lebaran tahun 2023 hari ini sudah bisa memulai sistem one way atau satu arah yang telah diberlakukan Polri. Sistem tersebut dilakukan pada Selasa, 18 April 2023 sejak pukul 14.30 WIB.

img_title

Sumber: www.viva.co.id