News  

Pelabuhan Merak-Bakauheni Dibuka Lagi Usai Ditutup karena Cuaca Buruk

Ilustrasi Pelabuhan Merak

Jumat, 23 Desember 2022 – 11:40 WIB

VIVA Nasional – Jalur penyeberangan Selat Sunda yang menghubungkan Pelabuhan Merak dan Bakauheni yang sempat ditutup karena cuaca buruk, kembali dibuka pada Kamis tengah malam, 22 Desember 2022, sekitar pukul 23.45 Wib. 

Meski begitu, kemacetan kendaraan akibat ditutupnya pelabuhan di ujung barat Pulau Jawa itu mencapai Jalan Cikuasa Atas atau mendekati Gerbang Tol (GT) Merak.

“Layanan Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni, telah dibuka kembali oleh BPTS Wilayah VIII Banten, selaku otoritas pelabuhan, setelah sempat ditutup sementara dikarenakan faktor cuaca ekstrim,” ujar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 23 Desember 2022.

Shelvy menerangkan bulan Desember ini, wilayah perairan di Banten dan daerah lainnya rawan terjadinya gelombang tinggi dan cuaca buruk. Sehingga butuh kehati-hatian saat memutuskan berlayar.

The Crossing at Merak Harbor Starts to Crowded Homecoming.

The Crossing at Merak Harbor Starts to Crowded Homecoming.

“Bulan Desember ini curah hujan umumnya mengalami peningkatan, yang berdampak terjadinya gelombang tinggi dan angin kencang di sejumlah lintasan penyeberangan,” terangnya.

PT ASDP Indonesia Ferry meminta masyarakat bersabar dan berhati-hati selama diperjalanan saat cuaca buruk. Penutupan Pelabuhan karena cuaca buruk harus dilakukan demi keselamatan bersama.

Sumber: www.viva.co.id