Indeks
News  

Peluang Besar RI Bisa Jadi Penyuplai Pangan ke Negara Terdampak Resesi

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti

Minggu, 4 Desember 2022 – 19:49 WIB

VIVA Nasional – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menilai ancaman resesi merupakan tantangan sekaligus peluang besar bagi Indonesia. 

“Untuk menjawab tantangan, Indonesia harus membentuk kekuatan berbagai komoditas pangan yang bisa masuk ke negara-negara lain yang terdampak. Tingginya kebutuhan pangan itu merupakan peluang kita,” ucap LaNyalla, Minggu 4 Desember 2022.

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti

Dijelaskannya, dalam prediksi BI, negara-negara besar seperti Amerika dan Eropa terjadi pelambatan. Probabilitas terjadinya resesi di AS sudah mendekati 60 persen, demikian juga di Eropa. Pemicu utamanya adalah harga energi dan bahan makanan yang tinggi, serta kebijakan moneter yang semakin mengetat. 

“Di situlah potensi Indonesia menjadi negara penyuplai pangan sangat terbuka lebar. Asalkan pemerintah serius serta didukung dengaN kebijakan makro dan mikro,” kata LaNyalla.

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti

Menurutnya, peluang tersebut juga akan mampu menjaga pertumbuhan dan stabilitas ekonomi nasional. Otomatis dengan hal itu, Indonesia bisa menghadapi gejolak resesi, sekaligus memiliki fundamental ekonomi yang kuat.

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version