News  

Pengakuan Nasabah Bank yang Lolos Dari Percobaan Penipuan Soceng

Ilustrasi penipuan

Kamis, 27 Oktober 2022 – 23:16 WIB

VIVA Nasional – Aparat kepolisian berhasil menunjukkan kesigapannya dengan menggagalkan aksi penipuan social engineering (Soceng) yang nyaris menguras tabungan nasabah BRI bernama Rizka Bella Tri Kartika. Soceng ini adalah salah satu bentuk kejahatan yang tujuannya merampas uang di rekening seseorang melalui berbagai modus tertentu.

Salah seorang Nasabah mengungkapkan rasa syukurnya karena uang di rekeningnya dapat kembali. Saldo tabungannya dapat kembali karena aparat kepolisiasn bersama pihak Bank BRI cekatan merespon keluhannya yang hampir menjadi korban soceng

“Terima kasih untuk BRI dan Polisi tadi saya dikabari uang saya sudah kembali ke rekening,” kata Bella, dalam keterangan yang diterima Kamis 27 Oktober 2022.

Dia mengaku sangat terbantu, karena uangnya bisa kembali. Bella mengatakan dalam kasus serupa jarang uang yang terkuras bisa kembali. 

Bella adalah korban aksi penipuan social engineering dengan modus pengumuman perubahan tarif transaksi bank. Bella terbujuk mengakses  link yang dikirimkan pelaku. Tak berselang lama seusai mengakses link tersebut, saldo tabungan sebesar Rp99,5 juta yang rencananya akan digunakan sebagai modal usaha itu pun hilang. 

“Jika diabaikan, saya dianggap setuju dengan pilihan pertama. Makanya saya langsung ikuti perintah yang disampaikan,” ujarnya. 

Sumber: www.viva.co.id