News  

Periksa Sekda Papua, KPK Duga Lukas Enembe Samarkan Aset Pakai Identitas Orang Lain

Gubernur Papua yang juga tersangka suap dan pencucian uang, Lukas Enembe

Senin, 17 April 2023 – 14:04 WIB

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mengaku telah memeriksa Sekda Provinsi Papua, Ridwan Rumasukun sebagai saksi kasus dugaan tindak pidana korupsi berupa suap, gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menjerat Gubernur Papua, Lukas Enembe. 

Pemeriksaan tersebut digelar pada Jumat, 14 April 2023, di Polda Papua. Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan bahwa KPK mengkonfirmasi Ridwan soal kepemilikan aset Lukas.

“Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan kepemilikan aset-aset dari Tersangka LE (Lukas Enembe) yang sengaja disamarkan melalui penggunaan identitas dari pihak-pihak tertentu,” kata Ali Fikri, Senin, 17 April 2023.

Selain Ridwan, ada 4 saksi lainnya juga ditelisik soal aset Lukas Enembe. Mereka yakni Timotius Enumbi dari swasta, pegawai Bagian Keuangan PT Melonesia, Setevani Moningka, pegawai Bagian Pengeluaran Dinas PUPR, Hengki dan ULP Proyek Peningkatan jalan Entrop-Hamadi II, Reza Bayu Pahlavi Ayomi. 

Sementara itu, Ali mengultimatum kuasa hukum Lukas, Aloysius Renwarin, untuk kooperatif ketika dipanggil penyidik KPK.

“Pengacara saksi tidak hadir dan KPK mengingatkan agar yang bersangkutan kooperatif hadir penuhi panggilan tim penyidik di penjadwalan berikutnya,” kata Ali.

Sumber: www.viva.co.id