News  

Permintaan Maaf Ridwan Kamil ke Warga Palembang soal LRT

Gubernur Jabar Ridwan Kamil di acara konferensi pers Y20

Senin, 24 Oktober 2022 – 15:00 WIB

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melayangkan permohonan maaf kepada warga Palembang atas kesalahfahaman soal LRT. Ridwan Kamil menilai, kutipan media pada saat diskusi studi pembangunan Jababeka tidak utuh.

Ridwan menuturkan dalam akun media sosial Instagram-nya, jika poin diskusi studi pembangunan di Jababeka terkait studi – studi kasus transportasi dianggap kurang berkenan.

“Kutipan media tidak menampilkan urutan keseluruhan diskusinya secara utuh sehingga disalahpahami,” ujarnya, Senin 24 Oktober 2022.

Light Rail Transit (LRT) di Palembang sudah beroperasi.

Konteksnya, menurut Ridwan Kamil, dalam diskusi, ada developer di Bekasi-Karawang tiba – tiba meminta dibangunkan MRT. “Saya menjawab dgn berargumentasi : MRT itu mahal sekali, 1 Trilyun per KM. Tidak ada anggaran pemerintah daerah yang sanggup kecuali DKI mungkin,” katanya.

Kedua, lanjut Ridwan, populasi harus besar supaya penuh dan balik modal cepat. Kemudian, harus terkoneksi dengan feeder dan jaringannya harus luas. Jika populasi sedikit nanti ada tantangan seperti LRT Palembang yang kondisi ridershipnya penumpang hariannya belum maksimal (berdasarkan penglihatan saya saat kunjungan terakhir).

“Diskusi di Jababeka itu sifatnya akademis membahas plus minus pembangunan indonesia dari zaman dulu sampai dengan sekarang. Bukan format tanya jawab dengan media,” terangnya.

Sumber: www.viva.co.id