News  

Pernyataannya Dianggap Rasis Terhadap Anies, Laode Umar Bonte KNPI Buka Suara

Laode Umar Bonte

Sabtu, 13 Mei 2023 – 20:30 WIB

VIVA Nasional – Ketua DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Laode Umar Bonte memberikan penjelasan terkait video viral di akun media sosial, yang sebelumnya dikritik oleh berbagai pihak lantaran mengeluarkan pernyataan berbau rasis terhadap salah satu bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan.

Kepada awak media, Umar Bonte menegaskan dengan postingannya di akun Facebook pribadinya, dirinya tidak bermaksud rasis.

“Jadi video yang beredar itu tidak pernah kita bermaksud untuk rasis. Jadi justru kita ingin mengingatkan bahwa dalam pentas politik ke depan tidak boleh mengangkat isu rasis, menghina, atau menggerakan orang dalam potensi dirinya. Boleh-boleh saja kita menjadi presiden, menjadi apa itu boleh-boleh saja, tetapi pilihan politik saya bisa saja kemukakan seperti itu,” ujar Umar dalam keterangannya dikonfirmasi, Sabtu 13 Mei 2023.

Umar Bonte mengatakan, Anies Baswedan yang merupakan warga negara Indonesia, memiliki hak untuk mencalonkan diri sebagai bakal calon presiden.

“Pak Anies kan warga negara Indonesia, dan dia punya hak, nggak ada masalah dengan Pak Anies, tapi saya tidak memilih dia, gitu,” ujarnya.

Umat kembali menegaskan bahwa dengan adanya video viral atas pernyataannya itu sama sekali tidak bermaksud menghina atau merendah suatu suku ras.

Halaman Selanjutnya

“Intinya harapan saya dalam video yang beredar itu tidak ada satu pun yang menghina atau merendahkan suku bangsa, dan memang tidak diperbolehkan, tapi Anies untuk maju sebagai presiden itu hak dia dan itu bisa, secara undang-undang dia mempunyai hak untuk maju, seperti itu,” ujarnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id