News  

Perppu Cipta Kerja Resmi Digugat ke Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia / MKRI

Kamis, 5 Januari 2023 – 17:01 WIB

VIVA Nasional – Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja atau Perppu Cipta Kerja digugat sejumlah masyarakat ke Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis, 5 Januari 2023.  Viktor Santoso, Kuasa Hukum para pemohon dari mahasiswa, dosen sampai advokat, memasukan permohonan uji formil ke MK pada pukul 13.30 WIB. 

Viktor mengatakan, upaya pihaknya dilakukan agar MK dapat menyatakan Perppu tersebut bertentangan dengan konstitusi. Ia menyinggunng juga dampak bila Perppu itu tidak dibatalkan.

“Apabila Perppu ini tidak dibatalkan, bisa dibayangkan semua lembaga negara akan mengikuti pembangkangan ini untuk tidak mematuhi putusan MK,” kata Viktor, Kamis 

Demo buruh menolak UU Cipta Kerja, di depan gedung DPR.

Demo buruh menolak UU Cipta Kerja, di depan gedung DPR.

Photo :

  • VIVA.co.id/ Edwin Firdaus

Viktor menjelaskan MK sudah menyatakan bahwa UU Ciptaker prosedurnya tidak tepat, bertentangan dengan konstitusi, maka harus diperbaiki oleh pemerintah dan DPR. Harapannya, pembuatan aturan itu juga bisa melibatkan partisipasi yang lebih maksimal lagi.

“Tapi dalam konteks ini bukannya memperbaiki, bukannya mengakomodir partisipasi publik malah mengeluarkan Perppu dengan proses yang tertutup,” kata Viktor.

Terlebih, lanjut Viktor, pemerintah diberi waktu dua tahun untuk memperbaiki UU itu. Saat ini, masih tersisa satu tahun untuk perbaikan.

Halaman Selanjutnya

“Satu tahun ini masih bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki Ciptaker. Kok malah ngeluarin Perppu, berarti ada tujuan yang kami tidak tahu,” kata dia.

img_title

Sumber: www.viva.co.id