News  

Perundingan Batas ZEE, RI Waspadai Usulan Garis Equal Versi Vietnam

Batas ZEE klaim Indonesia.

Jumat, 25 November 2022 – 22:39 WIB

VIVA Nasional – Indonedia dan Vietnam tengah berunding mengenai penetapan batas Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE). Pemerintah yang disuarakan Kementerian Luar Negeri atau Kemlu menyampaikan akan tetap bersikeras soal wilayah batas laut Indonesia yang sudah ditetapkan.

Dirjen Hukum dan Perjanjian Internasional Kemlu, Laurentius Amrih Jinangkung menjelaskan, Indonesia tak akan mengikuti keinginan Vietnam dalam penyelesaian  batas ZEE wilayah Laut Natuna Utara. Menurut dia, hal itu malah akan merugikan kepentingan Indonesia.

Dia menekankan sengketa terkait wilayah batas ZEE di Laut Natuna Utara dengan Vietnam sudah lama. Namun, sengketa itu juga belum bisa diselesaikan. 

VIVA Militer: TNI AL latihan bersama Angkatan Laut Singapura di Laut Natuna

VIVA Militer: TNI AL latihan bersama Angkatan Laut Singapura di Laut Natuna

Amrih bilang hingga sekarang, penetapan batas ZEE antara Indonesia dengan Vietnam masih belum juga menemukan titik temu bagi kedua pihak.

“Kita tetap bersikeras dengan batas laut yang kita tetapkan. Sementara Vietnam juga bersikeras dengan batas laut yang dia inginkan. Perbedaan kedua garis penetapan itu yang menyebabkan tidak ditemukannya kesepakatan,” kata Amrih, dalam keterangannya yang dikutip pada Jumat, 25 November 2022.

Pun, Amrih menambahkan, dasar penetapan garis batas yang diusulkan Indonesia adalah merujuk United Nations Convention On The Law Of The Sea (Unclos) pada 1982. Lalu, Vietnam ingin batas negara dengan Indonesia sejajar dengan garis batas landas continen.

Sumber: www.viva.co.id