News  

Polisi Bakal Dorong Pengelola Gratiskan Tol saat Arus Balik ke Jakarta Jika Terjadi Ini

Kendaraan pemudik terjebak macet di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat.

Selasa, 25 April 2023 – 00:04 WIB

VIVA Nasional – Polisi akan mendorong pengelola mengratiskan tol jika terjadi kepadatan kendaraan saat arus balik Lebaran 2023. Namun, sebelum upaya itu, polisi akan memaksimalkan kebijakan rekayasa lalu lintas seperti satu arah atau one way yang diterapkan mulai dari Km 72 sampai Km 47 tol Cikampek.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman menyampaikan pihaknya akan melakukan beberapa langkah sebelum mendorong tol gratis. Selain one way, ada pemberlakukan contra flow untuk mengurai kemacetan.

“Nanti akan bertahap, kalau panjang akan dilakukan contra flow sampai dengan Km 36. Nah, kalau panjang lagi akan dilakukan one way sampai Km 26. Kalau panjang lagi lanjut sampai Km 3. Nah, kita sendiri di dalam Kota akan kita lakukan contra flow,” kata Latif Usman kepada wartawan, Senin 24 April 2023.

Kemacetan di Tol Jagorawi buntut pemblokiran Tol Jatikarya, Rabu 22/3

Kemacetan di Tol Jagorawi buntut pemblokiran Tol Jatikarya, Rabu 22/3

Menurut dia, apabila rekayasa lalu lintas dilakukan namun tetap terjadi kemacetan, barulah pihaknya mendorong pengelola membebaskan biaya tol di pintu tol tertentu.

“Seluruh gerbang akan dibuka, card ride pembayaran tol akan diperbanyak untuk mempelancar. Nanti kalau masih banyak lagi apa boleh buat kalau depan kosong kita minta lepas untuk tidak membayar,” jelasnya.

Dia pun berpesan kepada jajaran petugas yang berada di lapangan agar bisa kerja keras membantu mengurai kemacetan.

Halaman Selanjutnya

“Makanya petugas harus betul-betul ekstra kerja keras untuk sama-sama bekerja, untuk mempelancar arus yang berada di agar yang di tol segera keluar dari tol,” jelas Latif.

img_title

Sumber: www.viva.co.id