News  

Polisi Sebut Gedung Malang Plaza 1,5 Jam sebelum Kebakaran Normal menurut Pemeriksaan Sekuriti

Sejumlah personel polisi dan warga di lokasi bekas kebakaran di Malang Plaza, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis, 4 Mei 2023.

Kamis, 4 Mei 2023 – 21:22 WIB

VIVA Nasional – Penyebab kebakaran di Malang Plaza masih dalam penyelidikan. Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur baru saja merampungkan penyelidikan tahap awal dengan membawa sejumlah sampel bekas kebakaran dari gedung yang berada di Jalan Agus Salim, Kota Malang, itu pada Kamis, 4 Mei 2023.

Di sisi lain Satuan Reserse Kriminal Polresta Malang Kota juga terus bekerja menggali keterangan dari para saksi. Sedikitnya ada 7 saksi mata yang kali pertama mengetahui kebakaran pada Selasa dini hari, 2 Mei itu.

“Jadi, kami telah melakukan pemeriksaan terhadap tujuh orang saksi yang terdiri dari tiga orang sekuriti, tiga orang cleaning service, dan satu teknisi,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Malang Kota Kompol Bayu Febrianto Prayoga.

Sejumlah personel polisi dan warga di lokasi bekas kebakaran di Malang Plaza, Ko

Sejumlah personel polisi dan warga di lokasi bekas kebakaran di Malang Plaza, Ko

Bayu menuturkan, ketujuh orang itu adalah yang pertama mengetahui kebakaran. Api muncul sekira pukul 01.00 WIB. Hasil pemeriksaan ada tiga satpam yang mengetahui kobaran api di Malang Plaza secara bersamaan. Mereka kemudian langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran.

“Kan sekuriti itu tiga [orang], intinya, di saat lapor bersamaan itu PMK datang sekitar sepuluh menit dari awal api dilihat. Jadi 23.30 sekuriti mengecek semua, tidak terjadi apa-apa, normal, biasa. Dicek secara umum normal, biasa. Setelah kosong dan tidak ada orang, mereka ke bawah,” ujar Bayu.

Halaman Selanjutnya

Saat berada di lantai 1, ketiga satpam mendengar suara seperti kebakaran. Mereka kemudian mengecek di lantai 3 ternyata api sudah berkobar.

img_title

Sumber: www.viva.co.id