News  

Polri Sebut WNI yang Ditangkap di Filipina Bawa Senjata Untuk KKB Papua

Irjen Krishna Murti

Rabu, 11 Januari 2023 – 15:39 WIB

VIVA Nasional – Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Mabes Polri, Irjen Krishna Murti membenarkan warga negara Indonesia (WNI) yang ditangkap Kepolisian Filipina, Anton Gobay hendak membawa senjata ilegal ke Papua. Diduga, senjata itu bakal dibawa ke Papua untuk mendukung kegiatan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“AG mengaku akan membawanya ke Papua untuk mendukung kegiatan organisasi Papua,” kata Krishna saat dikonfirmasi wartawan pada Rabu, 11 Januari 2023.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/ilustrasi

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/ilustrasi

Namun, Krishna tidak menjelaskan secara detail organisasi kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua itu. Sebab, kata dia, pihaknya masih melakukan pendalaman terhadap Anton Gaboy.

“Iya benar KKB. Sedang didalami dulu,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan warga negara Indonesia bernama Anton Gobay yang ditangkap Kepolisian Filipina memiliki 12 senjata api ilegal. Menurut dia, kini Polri masih koordinasi dengan otoritas setempat.

“Tim Mabes Polri berjumlah 8 orang dipimpin Pati berpantkat Brigjen didampingi Athase Polri dibawah koordinasi Divisi Hubinter bersama Athase Pertahanan dan Perwakilan BIN, serta Kemenlu dan KBRI Manila masih melakukan koordinasi dengan otoritas setempat,” kata Dedi saat dihubungi wartawan pada Rabu, 11 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya

Sementara, Dedi mengatakan informasi yang diperoleh bahwa Anton Gobay membeli senjata dari seseorang yang menggunakan nama alias di wilayah Danao City, Provinsi Cebu.

img_title

Sumber: www.viva.co.id