News  

Polri Terjunkan Drone hingga Helikopter Sisir Desa Terisolir Terdampak Gempa

Tim Drone Bid TIK Brimob Polri dikerahkan untuk sisir lokasi pengungsian warga akibat gempa Cianjur yang diduga masih terisolir.

Minggu, 27 November 2022 – 09:41 WIB

VIVA Nasional – Brimob Polri mengerahkan tim drone Bid TIK untuk mendeteksi dan mencari kemungkinan adanya lokasi pengungsian warga Cianjur yang masih terisolir akibat gempa beberapa waktu lalu. 

Koordinator Tim SAR Vertical Rescue Satlat Korps Brimob, Kombes Pol Rantau Isnur Eka mengataka, pihaknya membekali tim dengan sejumlah drone dalam proses pencarian lokasi pengungsian yang mungkin masih terisolir atau belum dapat ditembus dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

Jika ditemukan lokasi pengungsian warga yang mungkin masih terisolir, maka tim akan langsung melapor ke posko Induk Polda Jawa Barat atau Posko Brimob untuk tindakan evakuasi.

“Kami mengirim tim kecil menggunakan transportasi helikopter dari Polairud yang juga membawa perlengkapan drone untuk mencari adanya shelter warga,” ungkap Rantau dalam keterangannya, Minggu, 27 November 2022.

Gempa Cianjur

Rantau mengatakan, penggunaan helikopter dan drone membuat upaya pencarian shelter warga lebih efisien dan efektif. Pihaknya pun optimis dapat memberikan informasi terkait pencarian ini secara lebih akurat.

Pun, Rantau menjelaskan berdasarkan data dari Tim SAR Satlat Brimob, tersisa 3 lokasi dari total 37 yang masih terisolir. Tiga lokasi tersebut di antaranya Kampung Kadu Gede, Pasir Manggu, dan Pasar Tunagan. 

Sumber: www.viva.co.id