News  

Prabowo Sebut Industri Pertahanan Vital, Menentukan Kemerdekaan Bangsa

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menghadiri acara The 1st Defend ID's Day di PT Dirgantara Indonesia (DI), Bandung, Jawa Barat, Kamis, 15 Juni 2023.

Jumat, 16 Juni 2023 – 01:00 WIB

Bandung – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, mengatakan industri pertahanan sebagai hal yang vital dalam menentukan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa. Menurut Prabowo, Indonesia butuh pertahanan yang kuat untuk menjaga negara.

Terlebih, lanjut Prabowo, Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah ruah. Sehingga, kedaulatan sangat dibutuhkan. 

“Industri pertahanan adalah bagian vital, menentukan dari kemerdekaan kita, kedaulatan kita. Saudara sekalian, kita adalah bangsa yang besar, bangsa kita luasnya adalah sama dengan seluruh Eropa Barat,” ujar Prabowo dalam sambutannya di acara The 1st DEFEND ID’s Day di Bandung, Jawa Barat, Kamis, 15 Juni 2023.

Dikatakan Prabowo, kedaulatan Indonesia dan kekayaannya akan mudah direcoki pihak lain jika tak memiliki pertahanan yang kuat. Sudah menjadi hukum alam, bahwa negara lemah akan dijajah. 

“Negara sekaya kita, negara sebesar kita, selalu akan diganggu. Selalu kekayaannya akan berusaha diambil, ini adalah hukum alam,” tuturnya. 

“Ikan kita dicuri, kekayaan-kekayaan kita macam-macam, macam-macam strategi, ulah, teknik, bagaimana mencuri kekayaan Indonesia, karena itu Indonesia harus kuat, pertahanan kita harus kuat,” jelas Prabowo. 

Lebih lanjut, mantan Danjen Kopassus itu menyebut, tidak ada alternatif lain untuk menjaga kedaulatan dan kekayaan Indonesia tanpa adanya pertahanan yang kuat. 

Halaman Selanjutnya

“Jadi kalau ada yang nanya kenapa pertahanan harus kuat? Karena dunia memang keras, persaingan antar bangsa keras,” pungkas Prabowo.

Sumber: www.viva.co.id