News  

Program 1.000 Embung Ganjar Bikin Warga Desa di NTB Terpikat

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau lahan pembangunan Embung Desa Kalibareng

Senin, 14 November 2022 – 02:00 WIB

VIVA Nasional – Ribuan warga desa yang tergabung dalam jaringan relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mendeklarasikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024. Mereka menilai, Ganjar merupakan figur pemimpin nasional tepat karena mampu membawa kesejahteraan warga desa. 

Ketua Relawan Des Ganjar NTB, Sahril menerangkan, tak sedikit program dan terobosan Ganjar yang memberikan dampak positif untuk warga desa selama dua periode memimpin Jawa Tengah (Jateng) sebagai gubernur. Salah satu program yang menonjol adalah pembangunan 1.000 embung. 

“Pak Ganjar memiliki program kerja untuk membangun 1.000 embung. Untuk bagaimana meningkatkan ketahanan pangan di negeri ini, sehingga dengan adanya embung perairan kita, pesawahan, pertanian ini akan terbantu,” kata Sahril di Lapangan Umum Narmada, Desa Lembuak Kabupaten Lombok Barat, NTB, Minggu, 13 November 2022.

Embung merupakan penampung air hujan serupa waduk yang dibangun dengan tujuan pemanfaatan air hujan. Keberadaan embung bisa memperbaiki kualitas dan kuantitas air yang digunakan petani dalam sistem irigasi pertanian sekaligus memenuhi kebutuhan air bersih warga sehari-hari. 

Gerakan Seribu Embung telah digulirkan Ganjar di Jateng sejak 2016 yang lalu. Sampai saat ini, program tersebut berhasil melahirkan 1.135 embung untuk kebutuhan pengairan air bersih ke rumah tangga dan pertanian, juga sekaligus sebagai irigasi masyarakat. 

Dalam menjalankan program ini, Ganjar tidak hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jateng saja, tetapi juga melibatkan banyak pihak, seperti Pemerintah Pusat dan Filantrop. 

Sumber: www.viva.co.id