News  

Publik Ingin Kebijakan Jokowi Dilanjutkan, Begini Kata Pengamat

Ray Rangkuti

Sabtu, 24 Desember 2022 – 18:38 WIB

VIVA Nasional – Hasil survei nasional Voxpol Center Research & Consulting teranyar menunjukkan bahwa mayoritas publik menginginkan keberlanjutan program pemerintah saat ini oleh presiden baru pada Pemilu 2024 mendatang.  

Pengamat politik Ray Rangkuti mengatakan, keinginan publik agar Presiden berikutnya harus melanjutkan program-program Presiden Joko Widodo sangat pantas, karena hal tersebut relate dengan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden. 

“Bahwa kemudian sekarang terlihat publiknya lebih mencari figur yang melanjutkan kebijakan Pak Jokowi, sebetulnya itu relate dengan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja presiden karena umumnya kinerja Presiden itu diangka 70% kan,” kata Ray Rangkuti kepada awak media, Sabtu 24 Desember 2022

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin.

Menurut pendiri lembaga Lingkar Madani itu, saat ini hanya ada dua isu yang diinginkan publik kepada pengganti Presiden Jokowi nanti, yakni melanjutkan kerja Presiden Jokowi atau tidak melanjutkan. Namun, publik lebih banyak menginginkan Presiden terpilih di Pilpres 2024 melanjutkan kerja-kerja Presiden Jokowi.

“Secara umum pemilu 2024 hanya terbagi kepada dua isu, pertama isu melanjutkan kebijakan Pak Jokowi dan yang kedua sebaliknya mengkoreksi kebijakan Pak Jokowi. Oleh karena itu sangat mudah dibayangkan kalau kemudian banyak dipilih figur yang melanjutkan apa-apa yang sudah dicapai oleh Pak Jokowi,” ujarnya.

Lewat keinginan ini, beberapa nama yang sempat diendorse oleh Presiden Jokowi akan mendapat keuntungan politik. Karena mereka berkesempatan besar melanjutkan kerja-kerja Presiden Jokowi ke depan nanti.

Sumber: www.viva.co.id