News  

Rasa Haru Ganjar Saat Seluruh Raja se-Indonesia Kumpul di Jateng

Pawai Budaya Kerajaan di depan Pelataran Borobudur, Jawa Tengah

Sabtu, 10 Desember 2022 – 21:00 WIB

VIVA Nasional – Hari kedua Festival Adat dan Budaya Nusantara (FABN) II, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyuguhkan pawai budaya kerajaan kepada masyarakat di depan Pelataran Borobudur. Ada banyak kebudayaan yang ditampilkan, mulai dari bregodo kerajaan, tari Ndolalak, hingga tari Soreng dan semuanya dibalut busana adat masing-masing.

Ganjar yang turut menyaksikan pawai tersebut mengatakan, pertunjukan itu adalah perhelatan budaya yang menarik dan dapat disaksikan seluruh masyarakat. Ganjar mengatakan, anak-anak hingga orang dewasa dapat menyaksikannya.

“Semua bisa melihat dan masing-masing bisa menunjukkan budayanya. Karnavalnya menarik, partisipasinya bagus, ini kalau dilakukan terus menerus rasa-rasanya ini akan menjadi event baru yang menarik juga,” kata Ganjar di lokasi, Sabtu 10 Desember 2022.

Pawai Budaya Kerajaan di depan Pelataran Borobudur, Jawa Tengah

Pawai Budaya Kerajaan di depan Pelataran Borobudur, Jawa Tengah

“Sehingga banyak raja-raja, kesultanan, bisa hadir ke sini, kelompok masyarakat adat hadir ke sini, dan kemudian menampilkan sesuatu dan bisa dilihat semuanya,” sambungnya.

Ganjar mengaku terharu karena utusan kerajaan, lembaga adat, dan suku dari berbagai daerah di Nusantara bisa ramai-ramai berkumpul di Jateng. Terlebih lagi, kata Ganjar, mereka bisa memperkenalkan adat dan budayanya masing-masing ke masyarakat.

“Mereka menampilkan karya-karyanya dan masyarakat bisa nonton, ‘ini dari mana ya’, dan mereka saling menjelaskan bahwa seluruh Indonesia bisa tumplek plek di Borobudur,” kata Ganjar.

Sumber: www.viva.co.id