News  

Relokasi Rumah Warga Terdampak Gempa Cianjur Mulai Dibangun Hari ini

Keterangan pers Jokowi usai kunjungi lokasi gempa Cianjur, Senin 5 Desember 2022

Senin, 5 Desember 2022 – 12:35 WIB

VIVA Nasional – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), hari ini Senin 5 Desember 2022 kembali mengunjungi wilayah terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Dalam kunjungan itu, Jokowi ingin memastikan relokasi wilayah dan warga terdampak gempa bumi Cianjur, Jawa Barat segera dimulai.

“Saya ke sini untuk memastikan bahwa pertama, yang relokasi hari ini dimulai pembangunannya,” kata Jokowi usai meninjau Posko Bantuan Paspampres Peduli Cianjur di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Senin.

Presiden Jokowi kunjungi lokasi gempa Cianjur, Jawa Barat. Senin, 5 Desember 2022

Presiden Jokowi kunjungi lokasi gempa Cianjur, Jawa Barat. Senin, 5 Desember 2022

Photo :

  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga sempat menyapa warga yang mengungsi di posko bantuan tersebut. Kepala Negara mengatakan bahwa kondisi para pengungsi saat ini dalam keadaan baik dan sehat.

“Ya, pengungsi tadi semuanya kami lihat sehat, tetapi yang paling banyak memang ingin agar segera pembangunan rumahnya dimulai,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, pemilihan kawasan relokasi bagi warga terdampak korban gempa, dapat dipastikan adalah kawasan yang aman. Sebab pemilihan kawasan itu sudah melalui kajian dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) serta lembaga terkait lainnya. 

Dari hasil kajian tersebut, dapat disimpulkan bahwa lokasi baru akan lebih aman bagi warga. “Itu sudah lewat kajian dari BMKG dan dari instansi yang terkait, Badan Meteorologi sudah semuanya,” kata Jokowi.

Sumber: www.viva.co.id