News  

Respons PKB Soal Kadernya Anggota DPRD Tanjungbalai DPO Kasus Narkoba

Kantor DPRD Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara

Jumat, 14 April 2023 – 03:04 WIB

VIVA Nasional – Mukmin Mulyadi baru dilantik menjadi anggota DPRD Tanjungbalai. Terduga pelaku kasus narkoba dan ditetapkan daftar pencarian orang (DPO) itu merupakan kader dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPC Tanjungbalai.

Atas hal itu, Bendahara DPW PKB Sumatera, Zeira Salim Ritonga angkat bicara. Ia mengatakan, pihaknya sudah meminta klarifikasi langsung ke Polda Sumatera Utara. Ternyata, yang dimaksud sebagai DPO kasus narkoba adalah kader mereka, Mukmin.

“Mereka sudah klarifikasi juga ke Polda Sumut, emang di statusnya DPO, karena sudah ada surat pemanggilan terhadap beliau (Mukmin),” ujar Zeira saat dikonfirmasi VIVA, Kamis, 13 April 2023.

Mukmin dilantik sebagai anggota DPRD Tanjungbalai melalui pergantian antar waktu (PAW) pada 29 Maret 2023 lalu. Ia menggantikan Naryadi yang meninggal dunia. Zeira mengungkapkan proses PAW dengan persyaratan dilakukan secara teliti.

Gedung Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut).

Gedung Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut).

“Kemarin, 2 hari lalu sudah saya konfirmasi. sebenarnya itu, yang PAW DPC pengurus Tanjungbalai, saya telepon beliau terkait itu. Karena, kita dapat informasi, yang dilantik itu masih DPO Polda Sumut,” ujar Zeira.

Zeira mengungkapkan untuk proses PAW itu, berjalan sekitar 3 bulan. Dengan mekanisme dan syarat dilengkapi oleh Mukmin, termasuk menyerahkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) hingga tidak pernah dipidana yang dikeluarkan Pengadilan Negeri setempat.

Halaman Selanjutnya

“Proses PAW-nya udah melalui mekanisme, seperti adanya surat keterangan perilaku baik, dari pihak Polres, pengadilan setempat, tidak pernah dihukum. Sehingga meraka, tidak ada persoalan (hukum). Lanjut itu, pelantikan, jadi setelah, proses itu sudah dilalui, sudah dilantik, baru lah informasinya mereka dapat (DPO kasus narkoba),” kata Zeira.

img_title

Sumber: www.viva.co.id