News  

Ruang Digital Bisa Digunakan Sebagai Aktivitas Dakwah, Namun Harus Dipastikan Hal Ini

Webinar literasi digital sektor kelompok masyarakat

Kamis, 13 April 2023 – 23:56 WIB

VIVA Nasional – Ruang digital kini bisa digunakan sebagai aktivitas dakwah. Terutama saat Ramadhan. Namun, masyarakat perlu memastikan sumber dakwah berasal dari tokoh yang memiliki kredibilitas tinggi.

Ketua relawan TIK Jawa Timur, sekaligus Dekan Fakultas Dakwah IAI Novianto Puji Raharjo Dalwa mengatakan, dunia digital adalah dunia kita.

“Sekarang ini Belajar agama lewat internet sah-sah saja asalkan benar dan sesuai dengan ajaran agama,” ujarnya saat Webinar Literasi Digital Sektor Kelompok Masyarakat dengan tema “Sambut Ramadhan, Gunakan Ruang Digital Sebagai Aktivitas Dakwah”, Kamis, 13 April 2023.

Webinar dilakukan secara daring (online) melalui aplikasi zoom meeting. Peserta webinar terdiri dari kelompok masyarakat Bali, Nusa Tenggara dan Sekitarnya. Webinar dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Selain itu, Novianto juga mengimbau masyarakat untuk memastikan saat belajar agama bersumber dari para tokoh yang mempunyai kredibilitas tinggi, serta dengan konten yang tidak mengandung ujaran kebencian maupun hoax. 

“Menyebarkan konten dakwah pun harus dipastikan kalau isinya sudah sesuai dengan ajaran yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan,” ucap Novianto.

Halaman Selanjutnya

Menurutnya, tips menemukan konten dakwah di ruang digital ialah dengan periksa sumber informasi dari lembaga keagamaan yang terpercaya dan punya kredibilitas, membaca komentar dan review tentang konten tersebut sebagai pertimbangan.

img_title

Sumber: www.viva.co.id