News  

Rumah Makan Apung di Jayapura Ambruk ke Laut Usai Diguncang Gempa M 5,4

Rumah makan apung ambruk tewasnya 4 orang akibat gempa Jayapura

Kamis, 9 Februari 2023 – 17:58 WIB

VIVA Nasional – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura mengatakan gempa magnitudo (M) 5,4 yang mengguncang Kota Jayapura, pada Kamis, 9 Pebruari 2023, pukul 13.28.02 WIB atau 15.28.02 WIT, menyebabkan rumah makan atau kafetaria apung Carita di Ruko Dok 2 ambruk ke laut. 

Empat orang dilaporkan meninggal dunia karena jatuh ke laut dan tertimpa material bangunan yang ikut roboh saat gempa terjadi.

“Kafe ada yang roboh dan di situ ada empat meninggal. (Para korban) Ada di kafe, guncangan lalu roboh. Roboh lalu (para korban) tertindih. Langsung jatuhnya ke laut bangunannya. Bangunannya ada di pinggir talud,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Jayapura Asep Khalid dalam keterangan tertulis, Kamis, 9 Februari 2023. 

Menurut Asep, keempat korban itu ditemukan tewas akibat tertimpa puing bangunan cafetaria yang roboh. Adapun letak cafetaria tersebut berada di atas perairan di kawasan Kota Jayapura, sehingga proses evakuasi dilakukan oleh tim ahli untuk menyelam.

Rumah makan apung ambruk tewasnya 4 orang akibat gempa Jayapura

Rumah makan apung ambruk tewasnya 4 orang akibat gempa Jayapura

Asep menjelaskan bahwa gempa bumi pertama kali dirasakan sangat kencang sekitar 2-3 detik. Pada saat menyampaikan laporan kepada Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) BNPB, Asep merasakan gempa susulan yang kembali terjadi.

“Gempa bumi tadi dirasakan kuat selama 2-3 detik. Ini sekarang terasa guncangan gempa bumi sedang berjalan,” ujar Asep.

Halaman Selanjutnya

Selain kafe yang ambruk akibat gempa, sejumlah rumah dan fasilitas kesehatan mengalami kerusakan. Korban terdampak gempa yang dirawat di RSUD pun telah diungsikan ke halaman gedung demi menghindari adanya gempa susulan kembali.

img_title

Sumber: www.viva.co.id