News  

Salatiga Jadi Kota Paling Toleran ke-2 di Indonesia, Ganjar Sampaikan Pesan Ini

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Sabtu, 8 April 2023 – 13:45 WIB

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berhasil membawa Salatiga menjadi kota paling toleran kedua di Indonesia dalam Indeks Kota Toleran (IKT) Tahun 2022. Penghargaan kota toleran itu diserahkan oleh Setara Institute.

Peringkat Kota Salatiga naik satu level dengan nilai 6,417 setelah sebelumnya pada tahun 2021 memperoleh peringkat ketiga dengan nilai 6,367.

Penghargaan tersebut diraih dari kerja kolaboratif dari pemerintah kota, Forkopimda, FKUB, media, institusi pendidikan, dan seluruh elemen masyarakat Kota Salatiga.

Selain Salatiga, Ganjar menyebut Solo juga salah satu yang terdaftar dalam kota paling toleran itu. Ganjar berharap akan semakin banyak kota toleran di Indonesia. 

Hal itu dikatakan Ganjar usai mengecek persiapan ibadah Misa di Gereja Santo Antonius Purbayan, Jalan Arifin No 1 Kampung Batu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, Jateng, Sabtu, 8 April 2023.

“Mudah-mudahan akan semakin banyak kota toleran yang ada di Indonesia. Nomor satu Singkawang, nomor dua Salatiga. Solo termasuk yang toleran,” katanya.

Halaman Selanjutnya

Ganjar pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang saling menghormati. Meskipun berbeda suku, ras, agama, dan golongan, Ganjar menyebut semua dipersatukan dalam bingkai Indonesia.

img_title

Sumber: www.viva.co.id