News  

Sandiaga Yakin Tahun Politik Bisa Jadi Berkah Untuk Pariwisata Tanah Air

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat Studium Generale 2022-2023 Seri 6 di Universitas Surabaya (Ubaya), Surabaya, Jawa Timur, Senin, 19 Desember 2022.

Jumat, 20 Januari 2023 – 11:44 WIB

VIVA Nasional – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meyakini bahwa dinamika politik di tanah air bisa berdampak positif bagi pariwisata Indonesia. Bukan tanpa sebab, jelang tahun politik akan ada banyak kegiatan yang dilakukan di hotel-hotel.

“Tahun politik ini justru bagus untuk pariwisata dan ekonomi kreatif karena pasti banyak sekali kegiatan di hotel-hotel,” kata Menparekraf dalam pemaparannya pada acara Indonesia Tourism Outlook (ITO) 2023 bertajuk “Prospek Pariwisata dan Investasi Industri Hospitality di Tahun Politik” di Artotel Suites Mangkuluhur, yang dikutip Jumat 20 Januari 2023.

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta

Sandiaga juga menegaskan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari tahun politik dan investor pun tidak perlu menunggu atau menunda (wait and see) untuk berinvestasi. Justru, kata dia, pada tahun-tahun politik ini adalah kesempatan terbaik untuk investasi, termasuk di sektor pariwisata dan pendukungnya seperti perhotelan.

“Jadi kalau ditanya gimana tahun politik? don’t worry bro! Tahun politik ini bukan tahun wait and see tapi tahun yang penuh peluang investasi. Jadi tagline-nya 2023 jangan wait and see tapi segera investasi untuk berwisata di Indonesia saja,” kata mantan pengusaha dan investor itu.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Managing Partner Indies Capital Pandu Sjahrir mengatakan, ada dua hal yang menjadi pertimbangan investor untuk berinvestasi yaitu kestabilan politik dan pertumbuhan ekonomi secara riil termasuk inflasi.

Meski ada potensi pelambatan seiring dimulainya kampanye politik pada Agustus atau September mendatang, Pandu mengaku cukup optimistis karena sejauh ini sektor bisnis di Indonesia masih terus berinvestasi.

Halaman Selanjutnya

Terkait industri hospitality seperti perhotelan, dia juga melihat investasi makin banyak dan ini menunjukkan Indonesia sebagai negara yang stabil.

img_title

Sumber: www.viva.co.id