Just another website
Indeks
News  

Siswa Madrasah Buat Robot Penyapu Sampah Jalanan, Begini Cara Kerjanya

Siswa MAN 2 Malang pencipta robot penyapu sampah jalanan

Kamis, 24 November 2022 – 17:50 WIB

VIVA Nasional – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Malang berhasil menciptakan robot penyapu/pembersih sampah organik jalanan yang ditampilkan dalam Kompetisi Robotik Madrasah 2022 di Universitas Negeri Yogyakarta.

Robot yang diciptakan Kaevlin Fadia Taqia (15) dan Givan Chiragia Rahman (15) ini diberi sebutan Folium Bot Autonomus Road Rubbish Sweeper Machine Based on Deep Learning.

“Kami mengembangkannya selama dua bulan, sebelum tampil di sini,” ujar Kaevlin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Kompetisi Robotik Kemenag RI 2022

Kaevlin menjelaskan robot pengambil sampah pada prinsipnya bekerja layaknya truk sampah yang dapat memungut sampah organik yang terserak di jalanan dengan cara menyedotnya dengan vacuum. Robotnya dapat mengenali jenis-jenis sampah dan mampu menganalisa tantangan yang ia hadapi.

Salah satu komponen utama robot ini adalah Arduino Mega, sebuah sirkuit yang memberikan perintah pada motor untuk melakukan mobilitas. Selain itu, robot ini diberi motor penggerak, omniwheel PG28. Dengan model roda banyak, robot ini dapat bergerak ke segala arah secara efektif tanpa harus memutar.

Untuk dapat mengenali objek, Folium Bot menginderanya dengan kamera dan sensor untrasonik. Dengan dua indera itu, ia dapat mendeteksi objek dan memutuskannya sebagai sampah organik atau bukan.

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version