News  

Soal Tv Digital, Indonesia Dinilai Terlambat

TV analog dan TV digital.

Rabu, 2 November 2022 – 20:06 WIB

VIVA Nasional – Staf Khusus Menkominfo Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang menyatakan migrasi dari siaran tv analog ke tv digital atau Analog Switch Off (ASO) merupakan momentum dalam percepatan transformasi digital di Indonesia. Hal itu menjadi sebuah tuntutan zaman sehingga masyarakat harus dapat beradaptasi dengan perubahan-perubahan besar yang terjadi.

85 Persen negara di Dunia Sudah Melakukan

Menurut Philip, berbagai negara telah melakukan migrasi dari televisi analog ke televisi digital. Dari catatannya, sudah 85 persen negara-negara di dunia melakukannya.

Ilustrasi menonton televisi.

Ilustrasi menonton televisi.

“Indonesia dibandingkan dengan beberapa negara tetangga bisa dibilang cukup terlambat, namun presiden ingin mendorong dan memastikan Indonesia juga mengikuti apa yang disebut dengan transformasi digital,” kata Philip melalui keterangan persnya, Rabu, 2 November 2022.

Transformasi Digital

Philip menuturkan sesuai dengan arahan presiden, transformasi digital merupakan solusi cepat dan strategis untuk membawa Indonesia menuju masa depan. Namun, transformasi tersebut harus mewujudkan kedaulatan dan kemandirian digital yang menjadi prinsip penting dalam pelaksanaan transformasi digital di Indonesia.

Sumber: www.viva.co.id