Indeks
News  

Stafsus Presiden Diaz Hendropriyono Bicara Inovasi EBT Seperti Motor Listrik

Stafsus Presiden Diaz Hendropriyono di Unisda Lamongan, Jawa Timur

Sabtu, 29 Oktober 2022 – 21:11 WIB

VIVA Nasional – Orasi ilmiah disampaikan oleh Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Diaz Hendropriyono di hadapan wisudawan sarjana/pascasarjana Universitas Islam Darul Ulum (Unisda), Lamongan Jawa Timur, Sabtu 29 Oktober 2022.

Diaz dalam orasi ilmiahnya, menyampaikan masalah pola hidup baru berbasis penelitian. Dia mengangkat tema “Transformasi Sumberdaya Millenial Indonesia di Era Digital untuk Indonesia Maju”.

Pola hidup baru menurut Diaz, perlu dikembangkan saat ini. Mengingat populasi manusia semakin membesar sementara daya dukung bumi juga terbatas.

“Aktivitas kehidupan dan perilaku manusia yang mengalami peningkatan, baik jumlah populasi maupun angka harapan hidup, telah signifikan mengotori bumi sehingga mengancam keberlangsungan makhluk hidup ke depannya,” ujar Diaz, dalam keterangan persnya, Sabtu 29 Oktober 2022.

Terhadap kondisi demikian, maka butuh berbagai inovasi di seluruh sektor kehidupan. Inovasi dilakukan sebagai sebuah solusi, tidak memerlukan banyak lahan dan air, juga tidak berdampak gas emisi. Sehingga bumi menjadi sehat.

“Bukan hanya perubahan perilaku, tetapi perlu adanya dorongan untuk riset agar ada inovasi-inovasi di sektor pangan, agrikultur, transportasi, retail, hingga tempat tinggal,” tegas Diaz.

Diaz mencontohkan, pengembangan kendaraan listrik, khususnya motor listrik. Pemerintah menyadari perlunya inovasi tersebut. Maka Presiden Joko Widodo terus mendorong sebagai salah satu bentuk inovasi di sektor transportasi.

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version