News  

TNI AL Pesan 2 Kapal Patroli Cepat Dilengkapi Meriam, Made in Banten

Wakasal Lakdya Ahmadi Heri di galangan kapal Serang, Banten

Sabtu, 10 Desember 2022 – 01:00 WIB

VIVA Nasional – TNI Angkatan Laut memesan dua kapal patroli cepat di galangan kapal milik PT Caputra Mitra Sejati (CMS), Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang, Banten. Kapal yang dilengkapi sonar radar hingga meriam kaliber 12,7 mm akan menambah alutsista TNI AL guna menjaga kedaulatan Indonesia dari sisi laut.

Berspesifikasi panjang 61,20 meter, lebar 8,50 meter dengan tinggi 5 meter, kapal itu mampu berlayar delapan hari dengan kecepatan 24 Knot dan mengangkut 55 prajurit.

“Negara kita ini negara kepulauan yang sangat besar, tentunya membutuhkan kapal yang sangat banyak untuk mengamankan, minimal asisten force, yang mana saat ini masih 60 persen dari target yang dijadwalkan,” ujar Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, di lokasi, Jumat, 9 Desember 2022.

TNI AL membeli dua kapal patroli cepat di galangan kapal Serang, Banten

TNI AL membeli dua kapal patroli cepat di galangan kapal Serang, Banten

Jenderal TNI AL bintang tiga yang digadang-gadang menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) itu berujar, kapal patroli cepat yang dibangun ditargetkan selesai pada 2024 mendatang dan akan menjadi alutsista Koarmada III TNI AL yang bermarkas di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya.

Dia akan mengamankan kedaulatan negara dari sisi laut yang berbatasan dengan sejumlah negara di wilayah paling timur Indonesia.

Secara keseluruhan, TNI AL akan membangun 10 kapal patroli cepat untuk menjaga kedaulatan Indonesia, dari tindakan ilegal fishing hingga ilegal maining.

Sumber: www.viva.co.id