News  

Waktu One Way Diperpanjang, Kapolri: Supaya Arus Mudik Lancar

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau arus mudik di GT Kalikangkung

Rabu, 19 April 2023 – 22:24 WIB

VIVA Nasional – Polri kembali memperpanjang rekayasa lalu lintas one way atau satu arah untuk perjalanan mudik sampai dengan pukul 24.00 WIB nanti malam, mulai dari KM 72 Tol Cipali hingga KM 414 GT Kalikangkung. Perpanjangan dilakukan lantaran volume kendaraan di ruas jalan tol masih padat. 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan perpanjangan one way dilakukan agar arus lalu lintas dari arah barat ke timur berjalan lancar. 

“Memang arus pemudik sangat luar biasa. Rekayasa one way harus diputuskan supaya arus dari barat ke timur ini berjalan lancar,” ujar Sigit saat menginjak arus mudik di Bandara Juanda, Jawa Timur, Rabu, 19 April 2023.

Kata Sigit, situasi arus mudik saat ini mengalami peningkatan volume kendaraan yang cukup signifikan. Pun, pemberlakukan rekayasa lalu lintas dilakukan untuk meminimalisir penumpukan kendaraan. 

“Tentunya situasi pasti padat, namun secara prinsip dengan adanya rekayasa ini tidak terjadi stuck, semuanya bisa berjalan. Kemarin kita tanya, rata-rata perjalanannya walaupun padat, tapi lancar,” tuturnya.

Sementara itu, hingga 19 April 2023, sudah lebih dari 714 ribu kendaraan tercatat meninggalkan Jabodetabek, untuk aktivitas mudik Lebaran 2023.

Halaman Selanjutnya

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat, total 714 ribu kendaraan telah meninggalkan kawasan Jabotabek. Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

img_title

Sumber: www.viva.co.id