News  

Wapres Ma’ruf Amin Berselawat Bersama Belasan Ribu Umat Islam di Barus Sumut

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin bersama Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Kamis, 16 Februari 2023 – 01:20 WIB

VIVA Nasional – Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin bersama belasan ribu umat Islam berkumpul di Lapangan Merdeka, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, dalam acara Barus Berselawat untuk Indonesia, Rabu 15 Februari 2023.

“Nabi Muhammad (SAW) adalah cahaya matahari, cahaya bulan dan cahaya di atas segala cahaya. Membawa manusia dari kegelapan kepada cahaya. Tetapi pemilik cahaya itu adalah Allah, yang diturunkan kepada Nabi dan juga diturunkan kepada para pewarisnya para ulama dan wali,” ujar Wapres.

Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa cahaya itu menjadi keutamaan bagi seorang alim ulama. Dibandingkan dengan ahli ibadah, ibarat seperti bulan purnama dengan bintang-bintang. Itulah yang terpancar di bumi Nusantara, dan pertama sekali dari Barus, memancar ke seluruh Indonesia.

“Islam adalah nur, memberikan cahaya kepada kita semua, supaya kita tahu mana yang baik mana yang tidak, mana yang hak dan batil,” ujarnya.

Wakil Presiden KH Maruf Amin

Wakil Presiden KH Maruf Amin

Photo :

  • http://www.wapresri.go.id

Apa yang terkandung di dalam Islam, lanjut Ma’ruf, di antaranya kemaslahatan, keadilan, rahmat, hikmat, kesantunan, persatuan, keilmuan dan syariat, yang muaranya ada pada wujud pengelolaan bumi oleh manusia sebagai khalifah atau pemimpin di atasnya.

Kata syariat berarti bermakna keadilan Allah di antara hamba-hamba-Nya. Serta Rahmat bagi seluruh makhluk di muka bumi, di bawah naungan Allah. “Jika merusak, membunuh atau menghancurkan, itu bukan syariat, walaupun dilabeli atas nama Islam,” kata Ma’ruf.

Halaman Selanjutnya

Karena itu pula, menurut Ma’ruf, nilai keislaman sebagai agama yang Rahmatan Lil Alamin, tercermin dari sikap toleransi beragama yang ada di Sumatera Utara, khususnya di Barus sebagai pintu masuknya Islam ke Indonesia. Sehingga banyak pula orang-orang pintar bahkan ulama dari berbagai negara, datang ke Indonesia untuk belajar bagaimana bangsa ini menjaga kerukunan dan toleransi.

img_title

Sumber: www.viva.co.id