News  

Wapres Ma’ruf Mengaku Belum Dapat Info Dari Jokowi Soal Reshuffle Kabinet

Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin memberikan keterangan pers kepada wartawan

Jumat, 3 Maret 2023 – 18:34 WIB

VIVA Nasional – Wacana Reshuffle kabinet mengemuka setelah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendapatkan izin dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mundur dari kursi Menpora dan fokus mengurus PSSI. Terkait hal tersebut, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebut Presiden Jokowi belum menyampaikan apa pun soal rencana perombakan kabinet kepada dirinya.

“Presiden belum bilang sama saya bahwa akan me-‘reshuffle’, belum bilang, jadi saya belum tahu, ya hanya Presiden (yang tahu),” kata Wapres Ma’ruf di Istana Wakil Presiden Jakarta, Jumat, 3 Maret 2023.

Ilustrasi jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Ilustrasi jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Photo :

  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Ma’ruf mengatakan Presiden Jokowi memiliki kewenangan penuh untuk melakukan perombakan kabinet dan menentukan siapa-siapa yang menjadi Menterinya. 

“Sering saya katakan ‘reshuffle’ itu kan memang hak prerogatif Presiden, jadi Presiden apa mau me-‘reshuffle’ atau tidak itu ya hak beliau ya dan tentu yang tahu Presiden,” tambah Wapres.

Terkait bangku para wakil menteri yang kosong, Wapres mengatakan belum ada pembicaraan. “Mengenai wamen (wakil menteri), karena saya belum tahu memang belum tahu ya, jadi itu kita tunggu saja Presiden,” ungkap Wapres.

Setidaknya ada sembilan kursi wakil menteri yang kosong, yakni Wakil Menteri Sosial; Wakil Menteri ESDM; Wakil Menteri Investasi; Wakil Menteri PPN/Wakil Kepala Bappenas; Wakil Menpan RB, Wakil Menteri Pendidikan; Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; Wakil Menteri Koperasi dan UKM; Wakil Menteri Perindustrian dan Wakil Menteri PUPR.

Halaman Selanjutnya

Sebelumnya diberitakan,  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapan memgenai kabar mundurnya Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora Zainudin Amali. Jokowi mengatakan, Dia telah mendengar keinginan Zainudin Amali untuk mundur dan fokus menjadi pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id