Simak Cara Bermain Mahjong dan Aturan Dasarnya yang Perlu Diketahui!

Inilah Cara Bermain Mahjong yang Perlu Disimak

cara bermain mahjong

Pernah mendengar tentang mahjong? Mungkin bagi beberapa orang yang belum pernah tahu bagaimana cara bermainnya akan berpendapat mirip dengan permainan kartu. Hal itu tidak sepenuhnya salah, namun tidak juga benar karena cara bermain mahjong berada di ubin dengan berbentuk balok.

Pada setiap balok memiliki titik dan simbol tertentu yang memiliki artinya masing-masing. Perlu diketahui juga bahwa simbol pada mahjong bertuliskan pada aksara Cina, sebab memang permainan ini berasal dari negeri asal panda tersebut.

Awalnya, mahjong dimainkan oleh 4 orang secara langsung, namun seiring perkembangan kini dapat dilakukan secara online. Sebelum mencoba untuk bermain, simak dahulu cara bermain mahjong dan peraturannya untuk permainan langsung atau aplikasi berikut:

Daftar Aturan Mahjong yang Wajib Diketahui Pemula

Mahjong atau mahjong merupakan permainan yang membutuhkan keterampilan pembacaan situasi dan perencanaan strategi yang matang. Hal ini mampu mengasah cara berpikir dan pemecahan masalah yang dimiliki oleh pemain.

Sebab perlu perhatian tingkat tinggi untuk jadi pemenang. Untuk awalnya, perlu dahulu mengetahui daftar aturan dasar yang setidaknya harus dimengerti seperti:

1. Mengetahui Poin Pada Setiap Ubin

Jumlah ubin dalam mahjong memiliki jumlah 136 atau 144 buah tergantung permainan dan memiliki setidaknya 16 putaran langkah. Dalam permainan mahjong, pemenang akan ditentukan dari kombinasi set ubin tertentu yang tertinggi sehingga perlu diketahui.

Ubin terbagi menjadi beberapa gambar seperti angka, batu yang mewakili jumlah angka, dan simbol aksara tertentu. Empat set dengan tiga ubin, satu empat of-a-kind, serta satu pasang ubin atau lima set dengan tiga ubin dan satu pasang menjadi pemenang mutlak. 

2. Mengawali Permainan Mahjong

Langkah awal melakukan permainan adalah dengan meletakkan seluruh ubin mahjong yang akan dibagikan, kocok, dan letakkan tertutup di atas meja. Kemudian para pemain akan mulai untuk membangun dinding dan secara bergiliran melempar 3 dadu.

Kemudian dealer atau bankir ditentukan dari jumlah dadu tertinggi yang digulirkan dan dijumlahkan dari ketiganya yang membantu pemain melacak “angin”.

Cara Memainkan Mahjong Paling Mudah Dimengerti

Setelah mengetahui aturan dasarnya, kini beralih ke penjelasan mengenai cara bermain mahjong yang cocok untuk pemula. Akan lebih baik jika awalan dilakukan dengan memerhatikan atau melakukan observasi untuk memahami siklus permainan.

Langsung saja simak pembahasan berikut mengenai cara memainkan mahjong, khusus bagi pemain yang baru mencoba sebagai berikut:

  • Pertama jaga ubin, jangan sampai terlihat oleh pemain lain.
  • Kombinasi ubin yang tergambar, misalnya lurus atau tiga of a kind ditempatkan menghadap ke atas.
  • Ketika dealer menarik satu ubin, kemudian akan dipilih untuk membuat set baru atau membuangnya.
  • Lalu pemain yang berada di kiri dealer dapat menarik ubin berikutnya dari ubin yang diambil dealer sebelumnya.
  • Ketika mampu menciptakan empat of a kind, maka katakan “gang”.
  • Kemudian itu, setiap pemain lain diharuskan mengambil tambahan ubin lain.
  • Permainan diteruskan hingga semua ubin diambil.
  • Di akhir cara bermain mahjong, pemain akan menyatakan kemenangan dengan set tertentu.
  • Ketika ada pemain yang menunjuk dirinya sebagai pemenang, namun ternyata ada yang lebih maka langsung kalah otomatis.

Itulah beberapa hal yang dapat diberikan informasinya mengenai cara bermain mahjong dan aturan awal yang perlu diketahui oleh pemula. Sebagai informasi bahwa permainan mahjong awalnya digunakan sebagai sarana perjudian.

Namun, kini tujuannya banyak berubah hanya permainan semata. Bahkan juga ada banyak buku mengenai mahjong sebagai guide untuk pertahanan dan strategi.