Just another website
Indeks
Crypto  

Cara Mengecek Spesifikasi PC atau Laptop dengan Cepat, Tanpa Aplikasi

Inilah Cara Mengecek Spesifikasi PC,

cara mengecek spesifikasi pc

Hal yang perlu diperhatikan ketika membeli PC atau laptop adalah memastikan spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan. Penting juga untuk memastikan spesifikasi yang tertulis sesuai dengan yang terpasang pada unit. Oleh karena itu, mengetahui cara mengecek spesifikasi PC atau laptop penting dilakukan untuk menghindari tindak penipuan.

Selain itu, hal ini juga penting untuk lebih memahami perangkat yang digunakan. Sehingga ketika terjadi kerusakan atau perlu memasang perangkat lain pada komputer, akan lebih mudah untuk menentukan apa yang dibutuhkan. Berikut beberapa cara mengecek spesifikasi pada PC atau laptop tanpa harus menginstall aplikasi tambahan:

1. Cek Melalui Properties pada This PC

Ini merupakan cara yang paling dasar untuk mengecek spesifikasi komputer. Informasi tentang prosesor, RAM, dan jenis sistem operasi yang terpasang akan muncul pada jendela yang ditampilkan. Cara ini bisa digunakan untuk pada versi windows manapun. Kemungkinan akan ada sedikit perbedaan istilah, tetapi langkah-langkahnya tetap sama.

  • Buka menu Start, kemudian pilih This PC. Atau bisa langsung klik ikon This PC pada taskbar.
  • Klik kanan pada ikon This PC.
  • Pilih opsi Properties.

2. Lihat Lewat Menu Control Panel

Cara mengecek spesifikasi PC yang ini bisa menjadi opsi lain untuk mengetahui informasi dasar mengenai spesifikasi PC atau laptop. Tentunya cara ini juga bisa diterapkan pada semua versi windows, seperti Windows 7,8, 10, dan 11. Dengan cara ini, nantinya akan menampilkan informasi yang sama seperti cara pertama. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tekan ikon Windows dan R pada keyboard.
  • Ketik Control Panel pada jendela yang terbuka, lalu klik OK.
  • Setelah itu, langsung klik System and Security.
  • Kemudian, arahkan kursor dan klik pilihan System.

3. Lihat pada Sistem Informasi

Keterangan spesifikasi yang ditampilkan dengan cara ini lebih lengkap daripada cara pertama dan kedua yang hanya menampilkan informasi dasar. Cara ini bisa diterapkan untuk melihat  informasi Hardware Resources, Components, dan Software Environment. Langsung saja simak langkah-langkahnya:

  • Klik menu Start pada taskbar.
  • Ketik “msinfo” sebagai kode untuk membuka System Information, pada Search bar.
  • Pilih Open. Atau klik langsung pada bagian System Information di sebelah kiri.

4. Gunakan DirectX Diagnostic Tool atau dxdiag

Cara keempat ini menampilkan informasi yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya. Ada empat informasi spesifikasi utama yang bisa dicek, yaitu System, Display, Sound, dan Input. Spesifikasi yang ditampilkan antara lain, merek dan tipe komputer, sistem operasi, processor, BIOS, jumlah RAM, dan versi DirectX.

  • Tekan ikon Windows dan R pada keyboard secara bersamaan.
  • Tulis “dxdiag” sebagai kode untuk membuka DirectX Diagnostic Tool, pada kolom Open.
  • Tekan tombol Enter.

5. Gunakan Command Prompt

Cara mengecek spesifikasi komputer yang terakhir adalah menggunakan Command Prompt. Command Prompt adalah sistem yang tersedia pada Windows, berfungsi untuk memberikan perintah kepada komputer. 

Langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, tetapi pada cara ini menampilkan jendela yang dapat digunakan untuk memberikan perintah pada komputer. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tekan ikon Windows dan R pada keyboard.
  • Ketik “cmd” sebagai kode untuk membuka Command Prompt, pada kolom Open. Kemudian klik OK.
  • Tulis perintah “systeminfo” pada jendela yang sudah terbuka, lalu tekan Enter.

Itulah beberapa cara mengecek spesifikasi PC atau laptop yang mudah tanpa harus memasang aplikasi tambahan. Informasi spesifikasi yang ditampilkan dengan cara-cara di atas sebenarnya sudah cukup lengkap. Tetapi jika informasi tersebut dirasa kurang, aplikasi tambahan seperti CPU-Z, HWiNFO, ataupun Speccy bisa menjadi alternatif lain.